Samsung Galaxy S9

Hari ini Samsung telah mengungkapkan bahwa perusahaannya akan merilis media penyimpanan generasi berikutnya pada tahun depan, yakni penyimpanan UFS 3.0. Hal ini telah dikonfirmasi oleh kepala perusahaan perencanaan produk memori ponsel, Jay Oh pada acara KTT 4G/5G Qualcomm di Hong Kong. 

Samsung Galaxy S9

Penyimpanan UFS 3.0 akan tersedia dalam kapasitas 128GB, 256GB, dan 512GB. Micron, pembuat chip memori lain, mengatakan bahwa smartphone pertama dengan penyimpanan internal 1TB akan tiba pada 2021. Modul 1TB pertama yang terintegrasi untuk smartphone diharapkan akan siap pada saat itu.

Penyimpanan  UFS 3.0 akan memungkinkan peningkatan kinerja yang besar. Samsung mengatakan bahwa akan ada gelombang lonjakan bandwidth memori 2x dibandingkan dengan UFS 2.1 yang merupakan standar penyimpanan flash yang saat ini digunakan dalam perangkat mobile. Ini akan dimungkinkan dengan tetap mempertahankan jejak yang sama sehingga chip memori ini tidak akan lebih besar.

Solusi UFS 3.0 tentu diperlukan karena jaringan 5G komersial akan mulai online tahun depan. Mereka akan memungkinkan layanan dan pengalaman baru yang akan membutuhkan solusi penyimpanan yang lebih cepat. Belum diketahui apakah Samsung akan menerapkan memori UFS 3.0 pada Galaxy S10 atau tidak. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut diharapkan untuk meluncurkan varian 5G terpisah dari Galaxy S10 jadi kemungkinan model khusus itu mungkin akan hadir dengan penyimpanan UFS 3.0.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here