Galaxy S7 (kredit: Digitalspy)

Belakangan ini Samsung memang santer diperbincangkan karena isu Galaxy Note 7 yang menuai banyak kontroversi, mulai dari banyak laporan perangkat yang meledak, hingga recall yang dilakukan Samsung di berbagai negara. Namun saat ini kita lupakan sejenak kasus Galaxy Note 7, karena baru-baru ini ada rumor baru tentang smartphone flagship selanjutnya, yakni Galaxy S8.

Smartphone flagship berikutnya untuk tahun depan dikabarkan akan datang dengan beberapa perubahan hardware yang cukup besar dibandingkan dengan pendahulunya. Hal pertama yang akan langsung terlihat adalah hilangnya tombol home yang selama ini selalu hadir dapa model Samsung Galaxy S series. Meski masih berupa rumor, namun hal ini mungkin saja bisa terjadi.

Galaxy S7 (kredit: Digitalspy)
Galaxy S7 (kredit: Digitalspy)

Kemungkinan lain, Samsung akan menggantinya dengan bagian non-moving mirip dengan Apple yang menerapkannya di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Atau mungkin tombol home fisik benar-benar hilang yang digantikan oleh tombol navigasi on-screen dan untuk fingerprint bakal terpisah dari fungsi home.

Laporan dari Korea Selatan juga mengklaim bahwa “penghapusan tombol home menunjukkan bahwa Samsung Electronics berencana untuk mengisi semua bagian depan Galaxy S8 hanya dengan layar”, namun belum jelas bagaimana Samsung bakal menerapkan hal tersebut.

Di sisi lain, Samsung S8 juga dikabarkan mengusung setup dual kamera di belakang. Hal ini tentunya tidak mengherankan, mengingat betapa banyak dari pesaing Samsung (termasuk Apple) telah mulai mengusung fitur ini.

Hal yang belum jelas adalah apakah Samsung akan menerapkan “all-in-one dual-kamera” atau “dual-kamera yang terpisah”. Smartphone sebelumnya “memiliki dua lensa dan sebuah modul”, sedangkan yang terakhir “memiliki dua modul terpisah”. Salah satu sensor belakang S8 akan memiliki resolusi 16 MP, sedangkan yang lain akan menjadi unit 8 MP.

Untuk hardware-nya, Samsung Galaxy S8 bakal ditenagai oleh chipset buatan Samsung sendiri, yakni Exynos 8895 yang diduga mampu mencetak skor hingga 200 ribuan di AnTuTu benchmark. Selain itu Samsung juga akan menggunakan Snapdragon 830 di negara tertentu. Snapdragon 830 sendiri diproduksi oleh Samsung menggunakan proses 10nm, seperti yang dirumorkan sebelumnya. Hal yang harus diperhatikan perusahaan adalah memastikan bahwa tidak akan ada cacat produksi seperti yang dialami Galaxy Note 7.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here