You are currently viewing Samsung Diduga Naikkan Harga Chip untuk Apple Sebesar 20 Persen

Kabar mengenai hubungan antara Apple dan Samsung kembali menyeruak ke publik. Kali ini kabar tersebut terkait dengan kerja sama kedua perusahaan dalam pembuatan chip.

Menurut sebuah koran Korea Selatan, Chosun Ilbo, Samsung baru saja meningkatkan harga jual chip untuk Apple tersebut. Tingkat kenaikan yang dilakukan oleh Samsung berkisar hingga 20 persen. Chip seri AX milik Apple yang semula dipatok dengan harga 17 USD kini dibanderol dengan harga 21 USD.

Kenaikan harga chip tersebut pun dikatakan tidak akan terlalu berdampak serius terhadap nilai jual iPhone. Terlebih Apple memang menjual satu unit iPhone dengan harga yang tinggi, di atas 600 USD per unitnya.

Lalu apa yang menjadi alasan dari Samsung untuk melakukan hal tersebut? Tak lain adalah rencana Apple yang tengah mencari produsen lain untuk chip prosesor miliknya. Dengan hubungan kerja sama yang kemungkinan besar akan berakhir, pihak Samsung pun dilaporkan ingin mengambil keuntungan dari situasi tersebut.

Dengan kondisi ini, Apple pun terpaksa harus menyetujua kenaikan harga tersebut. Pada tahun 2011, Samsung telah mengirimkan lebih dari 130 juta unit prosesor kepada Apple.

(Via Phonearena)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply