Sebagai raksasa teknologi yang berada di barisan depan, Samsung menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan pikiran pada penelitian dan pengembangan teknologi. Beberapa bahkan mengatakan tidak ada produsen ponsel yang menghabiskan banyak hal, sebanyak yang dilakukan oleh raksasa Korea Selatan ini. Beberapa tahun yang lalu beredar kabar bahwa Samsung sedang mengerjakan GPU sendiri yang akan muncul di ponsel flagship miliknya untuk tahun ini atau berikutnya.

Exynos

Meskipun Samsung belum dapat mewujudkan hal tersebut pada Galaxy S8 miliknya, informasi terbaru ini mengatakan jika sekarang mereka telah mengembangkan GPU yang disebut S-GPU. Pengolah grafis tersebut kabarnya akan hadir pada chipset flagship tahun berikutnya. Informasi ini sendiri berasal dari leakster terkemuka @IceUniverse di Weico, yakni versi internasional dari Weibo di Tiongkok.

Samsung sudah membuat core kustom sendiri untuk chipset Exynos. Chipset Exynos 8895 yang hadir di Galaxy S8 dan S8+ terdiri dari quad-core kustom CPU generasi kedua dan quad-core Cortex-A53 yang hemat daya. Samsung melisensikan ARMv8 ISA dari ARM untuk merancang dan membangun mikro-arsitektur untuk core kustom dari awal. Sayangnya belum banyak informasi yang diketahui dari S-GPU, jadi kita nantikan saja kabar selanjutnya dari GPU buatan Samsung itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here