Selain smartphone, ternyata persaingan para produsen komponen untuk perangkat smartphone sendiri juga saling bersaing. Seperti tidak mau kalah dengan kompetitornya, Samsung dikabarkan akan merilis System on Chip atau biasa kita kenal SoC terbarunya, Exynos 8 pada penghujung tahun ini.

exynos-8

Pada laporan yang diberitakan Liliputing, Kamis (12/11/2015), Samsung Exynos 8 ini bakal membawa perubahan pada segi performa dan fabrikasinya. Samsung sendiri menyatakan bahwa Exynos 8 ini diklaim lebih cepat 30% dari pada Exynos 7, serta 10% lebih hemat baterai.

Samsung Exynos 8 ini mirip dengan pendahulunya, Exynos 7420, yang merupakan SoC octa core, dengan arsitektur 64 bit, serta menggunakan teknologi FinFET 14 nm. Namun yang menjadi pembeda adalah, jika Samsung Exynos 7420 menggunakan 2 inti dari ARM Cortex A57 dan Cortex A53 yang berbasis ARMv8, maka untuk Exynos 8 ini Samsung melakukan modifikasi pada konfigurasi ARMv8 tersebut, dengan menggunakan 4 inti dari ARM Cortex A53.

Untuk pengolah grafis, Exynos 8 ini ditemani oleh GPU dari ARM, Mali T880. Selain itu, Samsung Exynos 8 bakal ditanami dengan modem LTE yang mampu menembus kecepatan unduh hingga 600 Mbps dan kecepatan unggah sebesar 150 Mbps.

Fitur yang lain masih belum jelas untuk informasi lanjutnya, namun menurut rumor yang berhembus, Samsung bakal melakukan produksi massal pada akhir tahun 2015. Tentunya Samsung juga ingin segera menyelesaikan pekerjaan rumah ini karena Qualcomm juga telah siap melakukan produksi SoC terbarunya, Snapdragon 820.

(ND/Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here