Samsung Galaxy J1 merupakan smartphone entry level milik Samsung dengan harga yang cukup terjangkau dengan spesifikasi khas entry level. Namun ternyata Samsung juga memiliki smartphone varian baru, yakni Galaxy J1 Mini. Ya, ternyata diam-diam Samsung telah meluncurkan smartphone yang dalam waktu dekat ini harus tersedia di Dubai, Singapura, dan Rusia.

Samsung Galaxy J1 Mini

Meski telah mengumumkan secara resmi, sayangnya perusahaan Korea Selatan itu tidak menyertakan berapa harga yang dibanderol smartphone ini dan tanggal pasti akan ketersediaanya. Namun diprediksi Samsung akan mulai menjual perangkatnya itu beberapa minggu mendatang.

Spesifikasi yang diusung memang sangat standar karena memang menyasar segmen entry level dengan spesifikasi low-end. Layar yang diusung seluas 4 inci dengan resolusi 480×800 piksel. Ini sesuai dengan namanya, yakni Mini yang berarti smartphone ini merupakan versi kecil dari smartphone reguler.

Samsung Galaxy J1 Mini 1

Untuk sektor dapur pacunya, terdapat prosesor quad core 1.2GHz yang dipadukan dengan RAM sebesar 1GB dan penyimpanan internal sebesar 8GB yang masih dapat diekspansi hingga kapasitas 32GB menggunakan micro SD. Sedangkan untuk urusan fotografi, smartphone ini memiliki kamera utama 5MP yang sudah autofokus, namun sayangnya tidak dilengkapi dengan LED flash. Sementara kamera depannya hanya beresolusi VGA saja.

Menurut Samsung, baterai 1.500 mAh pada Galaxy J1 Mini harus menyediakan pengguna sampai 8 jam waktu bicara pada mode 3G, 7 jam untuk browsing, atau sampai dengan 29 jam untuk pemutaran audio. Meski smartphone ini datang tanpa dukungan jaringan 4G LTE, namun dengan adanya dukungan fitur dual SIM 3G HSPA, WiFi, Bluetooth 4.0, GPS dengan AGPS dan GLONASS, audio jack 3.5mm dan microUSB 2.0 dirasa sudah cukup untuk smartphone kelas pemula.

Samsung Galaxy J1 Mini 2

Jika melihat spesifikasi yang diusungnya, nampak kemiripan dengan Samsung Galaxy 1 Nxt yang diluncurkan di Bangladesh dengan harga $80 atau sekitar 1 juta Rupiah. Jika kedua perangkat itu merupakan perangkat yang sama, maka diharapkan Samsung Galaxy J1 Mini dibanderol dengan harga kurang dari $100. Demikian seperti yang dilaporkan Softpedia, Jumat (11/3/2016).

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here