Setelah berbulan-bulan muncul banyak rumor dan spekulasi tentang handset terbaru milik Samsung, akhirnya kini perusahaan asal Korea Selatan itu mengumumkan handset flagship terbaru yang bernama Galaxy Note 7.

Samsung Galaxy Note 7 merupakan perangkat yang paling tangguh milik Samsung, karena untuk pertama kalinya ada smartphone miliknya yang telah mengantongi sertifikasi IP68, yang berarti smartphone tahan terhadap air hingga kedalaman 1 meter dan tahan debu. Tampil elegan dengan mengusung frame metal yang diapit oleh dua lembar kaca simetris melengkung dari Gorilla Glass 5.

Samsung Galaxy Note 7 - 1

Kali ini Samsung mengusung layar super keren pada handset ini, yakni layar Super AMOLED seluas 5,7 inci dengan resolusi 2K dan tak lupa layar melengkung di setiap sisinya seperti Galaxy S7 Edge, berbeda dari Galaxy Note 5 yang masih menggunakan layar datar. Sementara S-Pen terbaru menjanjikan pengalaman yang lebih baik karena dapat mengenali 4096 level tekanan, atau dua kali lebih banyak dari generasi sebelumnya yang hadir di Note 5. Stylus dapat meninggalkan catatan pada fitur Always on Screen. Menariknya, kita juga dapat menulis di bawah air. Fitur baru lainnya termasuk kaca pembesar teks, alat penerjemah, bahkan pembuat animasi GIF.

Samsung Galaxy Note 7

Samsung Galaxy Note 7 merupakan ponsel paling aman, karena Galaxy Note 7 sebagai yang pertama mengusung sensor biometrik iris scaner. Mungkin fitur baru tersebut akan segera menggantikan sensor pemindai sidik jari sebagai cara untuk mengamankan fitur Samsung Pay, Knox, dan file pribadi yang tersimpan di ponsel. Meski memiliki pemindai iris mata, namun Galaxy Note 7 tetap mengusung sensor fingerprint, di mana Anda dapat menggunakan keduanya. Keduanya akan tersedia untuk aplikasi pihak ketiga melalui Samsung Pass.

Smartphone ini juga menjadi handset pertama milik Samsung yang menggunakan USB Type-C. Port tersebut telah mendukung USB OTG dan pengisian cepat. Tak lupa, ada juga pengisian cepat secara nirkabel untuk mengisi baterai sebesar 3.500 mAh. Sama seperti Galaxy S7, handset ini juga mengusung kamera 12MP dual-piksel. Kamera ini memiliki fitur aperture f/1.7 dan OIS, serta dapat merekam video hingga resolusi 2160p. Untuk selfie dapat menggunakan kamera depan 5MP, yang lagi-lagi sama seperti Galaxy S7.

Sebagai handset high-end, Galaxy Note 7 juga mengusung hardware papan atas, seperti chipset Snapdragon 820 atau Exynos 8890 (tergantung wilayah), RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB yang masih bisa diperluas karena Galaxy Note 7 memiliki slot micro SD. Smartphone ini menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow, di mana itu dirasa nanggung karena mendekati peluncuran Android 7.0 Nougat.

Samsung Galaxy Note 7 Blue

Smartphone ini akan hadir di beberapa negara, seperti Amerika Serikat yang mana pre-order akan dimulai 3 Agustus dan penjualan biasa akan dimulai 19 Agustus. Galaxy Note 7 tersedia dalam pilihan warna Blue Coral, Gold Platinum, Silver Titanium dan Black Onyx. Sayangnya Samsung belum membeberkan berapa harga dari handset ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 7

  • Layar 5.7-inch Quad HD (2560×1440 pixels) (518ppi) Super AMOLED curved dual edge display, Corning Gorilla Glass 5 protection
  • Chipset Octa-Core Exynos 8890 (2.3GHz Quad + 1.6GHz Quad), 64 bit, 14 nm processor / Quad Core Kyro Snapdragon 820 processor
  • Memori 4GB LPDDR4 RAM, 64GB (UFS 2.0) internal memori, ekspansi hingga 256GB
  • Android 6.0.1 (Marshmallow)
  • Kamera utama 12MP, LED Flash, dual-pixel PDAF, Smart OIS, f/1.7 aperture
  • Kamera depan 5MP, f/1.7 aperture
  • IP68 ratings tahan air dan debu
  • S-Pen stylus waterproof
  • Dimensi 153.5 x 73.9 x 7.9mm, berat 169g
  • Heart rate sensor, Fingerprint sensor, Iris scanner, Barometer
  • 4G LTE Cat.12, Wi-Fi 802.11ac (2X2 MIMO), Bluetooth 4.2 LE, NFC, USB Type-C
  • Baterai 3500mAh dengan fast charging (kabel dan nirkabel)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here