You are currently viewing Samsung Galaxy S8 dan S8+ Sudah Masuk Indonesia, Mengapa yang Varian Chip Exynos?

Samsung Galaxy S8 dan S8+ Sudah Masuk Indonesia, Mengapa yang Varian Chip Exynos?

Samsung akhirnya menghadirkan smartphone flagship milik mereka ke Indonesia, yakni duo Galaxy S8 dan S8+. Namun, smartphone yang dihadirkan di pasar Indonesia adalah varian yang menggunakan chipset Exynos 8895 buatan Samsung. Tentu banyak yang bertanya-tanya mengapa Samsung menghadirkan varian chip Exynos ke pasar Indonesia?

samsung_s8_sincopy

Seperti yang kita ketahui, selama beberapa tahun belakangan ini, Samsung memang tidak lagi menghadirkan smartphone flagship miliknya yang mengusung prosesor Snapdragon ke Indonesia. Perusahaan asal Korea Selatan ini lebih memilih memasarkan smartphone yang ditenagai chipset buatan mereka sendiri. Pihak Samsung pun juga memberikan alasannya mengapa lebih memilih memasarkan duo Galaxy S8 yang mengusung chipset Exynos di Indonesia.

Menurut Denny Galant selaku Head of PM IT & Mobile Samsung Indonesia, prosesor Exynos yang diusung oleh smartphone S series milik Samsung memiliki performa yang sangat tinggi. Sebagai contoh, Chipset Exynos 8895 yang diusung Galaxy S8 diproduksi menggunakan proses 10nm yang akan menghemat konsumsi daya tanpa mengorbankan performa.

Menurut Denny, smartphone yang sudah mengusung chipset ini tidak memerlukan kapasitas baterai yang besar, karena tingkat efisiensi konsumsi daya meningkat 20%, performa meningkat 10% dan GPU meningkat lebih dari 20%.

Samsung sendiri memang membuat smartphone flagship miliknya dalam dua varian, yakni satu mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan satu lagi mengusung Exynos 8895. Kedua chipset tersebut sama-sama diproduksi dengan proses manufaktur 10nm. Namun varian Snapdragon 835 hanya diperuntukan untuk pasar Tiongkok dan Amerika Serikat saja. Sementara untuk pasar lain mendapatkan varian Exynos 8895.

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply