Ketika Apple meluncurkan iPhone X, fitur Face ID pada smartphone tersebut langsung menjadi sorotan karena diklaim lebih aman ketimbang sensor fingerprint, dimana hal tersebut juga menjadi alasan mengapa Apple menghilangkan fitur Touch ID pada iPhone X. Fitur pengenalan wajah pada iPhone X lantas menjadi inspirasi produsen smartphone Android untuk mengusung fitur serupa pada perangkat terbaru mereka.

Meski beberapa smartphone saat ini sudah mulai mengusung teknologi pengenalan wajah, namun Samsung sebagai raksasa smartphone masih mempertahankan sistem pemindai iris mata pada ponsel flagship miliknya, khususnya Galaxy S9. Namun agar bisa bekerja lebih baik, tampaknya raksasa Korea Selatan itu akan menghadirkan beberapa perbaikan pada pemindai iris mata Galaxy S9.

Menurut laporan dari The Korea Herald, Samsung akan mengupgrade pemindai iris di Galaxy S9 dan S9+. Dalam kasus ini, Samsung bisa saja meningkatkan resolusi kamera depan menjadi 3MP, sementara Galaxy S8 dan 8+ menggunakan kamera 2MP. Rupanya peningkatan megapiksel diharapkan memungkinkan pemindaian resolusi tinggi, yang seharusnya membuatnya lebih baik atau lebih cepat saat mengenali pengguna.

Hal ini juga diharapkan untuk membuatnya lebih mudah untuk mengenali pengguna dalam situasi cahaya rendah, mengarahkan bola mata atau ketika pengguna mengenakan kacamata. Menurut Samsung, “Lensa kamera iris akan ditingkatkan untuk 3 megapixel dari 2 megapixel pada Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 untuk menangkap gambar yang lebih jelas.”

Namun sejauh ini, kinerja sensor iris mata dari Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 tidak mengalami masalah yang berarti, bahkan di beberapa kasus perbandingan sensor iris mata pada Galaxy Note 8 lebih cepat membuka kunci ketimbang fitur Face ID pada iPhone X. Tapi, dengan adanya peningkatan tentu saja pengguna bakal mendapatkan kinerja yang lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here