Samsung memang memiliki kekosongan pada perangkat tablet yang menjalankan Windows 10. Namun kali ini Samsung siap menantang Apple iPad Pro dan Microsoft Surface Pro 4, dengan meluncurkan perangkat terbarunya yang bernama Galaxy TabPro S.

samsung-galaxy-tabpro-s

Samsung Galaxy TabPro S merupakan perangkat 2-in-1 yang menjalankan OS Windows 10 pertama dari Samsung. Sama seperti Surface Pro, perangkat ini juga mendukung keyboard dan stylus pen yang membuatnya bisa digunakan sebagai laptop maupun sebagai tablet. Perangkat ini telah diperkenalkan Samsung pada ajang CES 2016 lalu.

Karena ditujukan untuk segmen perangkat 2-in-1 papan atas, maka wajar saja perangkat ini dibanderol dengan harga yang setara dengan iPad Pro dan Sufrace Pro. Samsung Galaxy TabPro S dibanderol $899 atau sekitar 11,6 juta Rupiah untuk konfigurasi SSD 128GB. Ada pula SSD hingga 256GB namun belum diketahui berapa harganya.

galaxy-tabpro-s-kickstand-540x334

Untuk spesifikasi lainnya, tablet ini menggunakan ukuran layar yang sama dengan iPad Pro, yakni 12 inci dengan resolusi 2160×1440 dan menggunakan jenis layar AMOLED. Sedangkan untuk dapur pacunya, perangkat ini ditenagai prosesor Intel Core M3 Skylake dan datang dengan RAM sebesar 4GB.

Ada pula baterai sebesar 5200mAh yang diklaim oleh Samsung dapat bertahan hingga 10,5 jam dengan pengisian dari 0% hingga penuh hanya membutuhkan 2,5jam saja. Menariknya, perangkat ini merupakan perangkat Windows 10 tertipis, dimana hanya memiliki dimensi 290x199x6.3mm dan berat 693g.

galaxy-tabpro-s-display-540x334

Seperti Apple MacBook 12 inci, Samsung Galaxy TabPro S hanya memiliki satu port USB Type-C, tapi akan ditawarkan dengan terpisah adaptor multi-port lengkap dengan HDMI, USB A dan output C. Galaxy TabPro S memiliki dual kamera 5MP, NFC, Bluetooth 4.1 dan pilihan Windows 10 Home atau Windows 10 Pro.

Samsung Galaxy TabPro S akan tersedia dalam versi WiFi-only dan LTE, dan merupakan perangkat 2-in-1 Windows 10 pertama yang menawarkan dukungan untuk kecepatan Cat 6 LTE. Microsoft Store dan Samsung.com akan mulai menjual perangkat ini pada 4 April mendatang, namun Best Buy telah menjual perangakat ini mulai hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here