Ilustrasi (Kredit: VR-Zone)

Samsung Galaxy A9 sejak pertama kali kemunculan rumornya pada bulan Maret lalu, hingga saat ini selalu menjadi sorotan. Hingga saat ini pun, handset yang akan menyasar segmen menengah ini selalu menjadi bahan berita. Rumor yang telah beredar sebelumnya membahas tentang spesifikasi yang diusung, hasil skor yang mampu dicetak, hingga balutan body bermaterial metal.

Ilustrasi (Kredit: VR-Zone)
Ilustrasi (Kredit: VR-Zone)

Seperti yang diwartakan GSM Arena, Kamis (26/11/2015), kini telah muncul sebuah konfirmasi resmi mengenai handset ini. Ya, konfirmasi tersebut datang dalam bentuk daftar resmi yang dimuat dalam situs resmi Samsung di Iran. Menurut daftar spesifikasi pada situs tersebut, berita yang selama ini beredar ternyata memang benar adanya.

(Kredit: GSM Arena)
(Kredit: GSM Arena)

Samsung Galaxy A9 akan ditenagai oleh chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 620 yang dikhususkan untuk handset segmen menengah. Chip tersebut memiliki prosesor dual cluster, yakni empat inti Cortex-A72, dan empat inti Cortex-A53 serta pengolah grafis yang baru, yakni Adreno 510. Berbekal chip tersebut, bahkan skor benchmark Galaxy A9 hampir mengalahkan smartphone yang mengusung chipset Snapdragon 810.

Sedangkan untuk kapasitas memorinya, smartphone ini dibekali dengan RAM sebesar 3GB serta penyimpanan internal sebesar 32GB yang masih dapat diperluas menggunakan micro SD hingga 128GB. Untuk sektor display, handset ini mengusung layar seluas 5,5 inci berjenis AMOLED dan membawa resolusi FHD 1080×1920 dengan keraptan 401ppi.

Tak kalah gahar dari smartphone flagship, Galaxy A9 juga telah dibekali dengan kamera beresolusi 16MP dilengkapi dengan berbagai fitur serta kamera depan 5MP untuk keperluan selfie atau video call. Smartphone yang sudah mendukung 4G ini juga telah dibekali dengan fitur konektivitas standar seperti WiFi, Bluetooth, NFC dan GPS.

Samsung Galaxy A9 akan menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop, namun sayangnya informasi kapasitas baterai tidak ditampilkan dalam daftar tersebut.

Untuk ketersediaanya, halaman situs Samsung Iran itu mengisyaratkan bahwa handset bakal meluncur tanggal 1 Desember 2015 mendatang. Kita tunggu saja hingga peluncurannya benar-benar terlaksana, dengan demikian kita dapat mengetahui berapa harga yang dipatok untuk handset tersebut.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here