Tiada yang kekal di dunia ini, ya begitulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan apa yang baru saja dialami Nokia saat ini. Pasalnya setelah 14 tahun berkuasa dan digadang-gadang sebagai merek ponsel terlaris dunia, akhirnya Nokia tergelincir juga dari posisi teratas. Samsung yang menguasai pasaran smartphone dunia, dikabarkan telah mengambil alih posisi teratas yang sebelumnya pernah disandang Nokia sebagai rajanya merek ponsel top. Tidak tanggung-tanggung, ternyata Samsung kini telah berhasil meraih pangsa pasar 29 persen, atau naik dari 24 persen pada tahun lalu.

Menurut iSuppli IHS Mobile dan Wireless Communications Service, pangsa pasar Nokia telah turun menjadi 24 persen, atau turun dari 30 persen tahun lalu.

Smartphone merupakan salah satu segmen terpopular dengan pertumbuhan tercepat di pasaran ponsel dan bahkan mencapai hampir setengah dari semua penjualan handset nirkabel pada tahun 2012 ini. Keberhasilan Samsung dan perjuangan Nokia di pasaran ponsel tahun ini ditentukan sepenuhnya oleh kemampuan inovasi kedua perusahaan pada sektor smartphone.

Samsung telah melakukan strategi dan terobosan yang bagus. Berbagai model smartphone baru setiap tahun telah berhasil digulirkan. Dan hebatnya lagi, kesemuanya itu ternyata ditujukan untuk semua segmen pasar, yaitu mulai dari high end hingga low end. Dan posisi Samsung tampaknya masih satu tingkat di atas Apple.

Di lain pihak, Nokia malah masih terlalu lamban melalui proses migrasi lini smartphonenya dengan sistem operasi Windows. Terpuruknya penjualan produk ponsel berbasis Symbiannya termasuk belum berbuat banyaknya handset berbasis Microsoft Windows 7 terbarunya sejauh ini.

Secara keseluruhan, pasar smartphone diprediksi masih akan terus tumbuh tahun depan. Pada 2012 ini saja, smartphone telah meraih 59 persen pasaran ponsel. Penjualan smartphone global melonjak sebesar 35,5 persen, sedangkan penjualan ponsel secara keseluruhan naik hanya satu persen.

1 COMMENT

  1. Nggak nyangka yah?
    Dulu samsung seperti telur yang “Menganmbang” dilaut, kini sudah berada dilangit..
    🙂
    Good Job Samsung, Maju terus!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here