Wow, kapasitas penyimpanan digital makin membesar dan membesar, yang berusaha memenuhi dan menyesuaikan kebutuhan kapasitas penyimpanan para masyarakat digital yang terus meningkat pula. Menurut laporan dari Golem.de, Samsung telah memperkenalkan hard drive terbaru dengan kapasitas dahsyat dalam ukuran case 2.5 inci. Mengapa dahsyat? Karena kapasitas yang ditawarkan adalah 16TB dan luar biasanya, Samsung menggunakan NAND Flash dalam hard drive ini, di mana komponen ini biasanya digunakan pada SSD, bukan sebagai hard disk.

Samsung berhasil menggabungkan 48 layer dari 3-bits-per-cell (TLC) 3D V-NAND dalam single die dan kurang lebih ada 480 sampai 500 dari die berkapasitas 256Gbit ke dalam harddisk ini.harddisk-16tb-samsung
Memang sepertinya penamaan hard drive atau harddisk kurang pas untuk produk Samsung bertipe PM1633a terbaru ini, karena hard drive merupakan penamaan yang terinspirasi dari piringan magnetik yang berputar sebagai komponen utama harddisk atau hard drive.
Tapi sebagian besar dari kita sudah terbiasa menganggap hard drive sebagai perangkat penyimpanan digital dan produk Samsung ini memiliki fungsi yang sama, jadi kita tidak perlu mempermasalahkan hal ini.

Harga Harddisk Samsung PM1633a belum diketahui, namun produk ini ditargetkan untuk pasar enterprise atau server, karena tentunya pengguna awam jarang yang membutuhkan kapasitas sebesar ini dan juga akan berat untuk membayar harga produk yang dipastikan tidak cocok untuk dompet perorangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here