Samsung Mulai Garap Chipset 7nm dan 11nm Untuk Tahun 2018

Samsung Mulai Garap Chipset 7nm dan 11nm Untuk Tahun 2018

Kebanyakan smartphone mid-range hingga high-end tahun ini mengadopsi chipset yang dibangun dengan proses 14nm dan 10nm, dan tampaknya untuk tahun depan chipset yang digunakan akan naik tingkat. Sebagai salah satu manufaktur chipset, Samsung baru-baru ini telah mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi chipset 11nm untuk smartphone mid-range dan high-end.

Bagi Anda yang belum familiar, chipset  yang dibangun dengan proses 11nm Low Power Plus (LPP) merupakan versi skala yang lebih kecil dari proses 14nm LPP yang digunakan untuk chip kelas menengah saat ini seperti Snapdragon 660 dan Snapdragon 630. Dampak baiknya, proses yang lebih kecil ini menawarkan peningkatan performa hingga 15%, dengan menggunakan daya yang sama.

Ukuran chipset sendiri akan berkurang sebesar 10%, yang akan berdampak pada jatuhnya harga chipset. Untuk chipset dengan proses 11nm sendiri diharapkan akan mulai tersedia pada semester pertama tahun 2018.

Sementara untuk smartphone premium atau flagship tahun depan akan menggunakan chipset 7nm LPP baru yang dibangun dengan Extrem Ultra Violet (EUV) litography. Untuk chipset 7nm sendiri diharapkan untuk tersedia pada semester kedua tahun 2018, dan itu bertepatan dengan ketersediaan chipset A12 milik Apple untuk iPhone yang akan diluncurkan pada 2018 mendatang.

Menurut Vice President dan Head of Foundry Marketing Samsung Electronics, Ryan Lee, dengan ini Samsung telah menyelesaikan roadmap proses yang komprehensif mulai dari 14nm ke 11nm, 10nm, 8nm, dan 7nm dalam tiga tahun ke depan. Untuk rincian yang lebih lanjut, perusahaan diharapkan akan mengungkapkan selengkapnya pada tanggal 15 September mendatang pada ajang Samsung Foundry Forum di Jepang.

Mungkinkah perusahaan memiliki rencana untuk terjun ke proses 6nm? Kita nantikan saja kabar selanjutnya.

NO COMMENTS

Leave a Reply