You are currently viewing Samsung Mulai Kirim SSD Terbesar Di Dunia, Berkapasitas 15TB
(Kredit: Samsung)

Samsung Mulai Kirim SSD Terbesar Di Dunia, Berkapasitas 15TB

Penggunaan SSD atau solid state disk saat ini memang masih terkendala kecilnya kapasitas dan harga yang dibanderol masih relatif tinggi. Namun terlepas dari itu, kini Samsung telah mulai menjual SSD dengan kapasitas terbesar di dunia, yakni 15TB.

(Kredit: Samsung)
(Kredit: Samsung)

Saat ini baru raksasa Korea Selatan itu yang memiliki SSD sebesar 15,36 terabyte dan menjadi satu-satunya SSD terbesar pernah kita ketahui. SSD ini awalnya sudah diperkenalkan sejak bulan Agustus tahun lalu, namun baru sekarang Samsung mengirimkan SSD raksasa itu. Memiliki ukuran 2,5 inci, drive PM1633a ini tidak hanya besar dalam kapasitas namun juga memiliki kecepatan yang tinggi.

Seperti yang dilansir Mashable, Jumat (4/3/2016), Samsung menawarkan kecepatan read dan write hingga 200.000 dan 32.000 input / output operasi per detik (IOPS) masing-masing, dengan sequential read dan write kecepatan mencapai 1,200MB / detik.

SSD ini terdiri dari 32 paket flash 512GB, masing-masing terdiri dari 16 lapisan chip memori 256GB V-NAND. Ia memiliki controller yang mendukung antarmuka 12GB / s SAS, dan menyisakan 16GB dari DRAM untuk membantu mengelola semua itu.

(Kredit : Samsung)
(Kredit : Samsung)

Sayangnya, Anda tidak akan melihat ini – atau SSD sejenis – di mesin game berikutnya dalam waktu dekat. Karena SSD ini adalah perangkat kelas enterprise yang mungkin akan datang dengan harga kelas enterprise juga, meskipun Samsung belum merilis rincian tentang berapa harga yang dibanderol untuk SSD ini.

Akhir tahun ini, drive yang sama akan tersedia dalam kapasitas yang lebih kecil juga yakni 7.68TB, 3.84TB, 1.92TB, 960GB dan 480GB. Perusahaan mengharapkan lineup baru untuk menjadi favorit ketimbang hard disk konvensional dalam sistem penyimpanan perusahaan. Bagaimana, kapasitas SSD yang mengerikan bukan?

 

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply