Samsung telah mengumumkan hari ini bahwa mereka telah memulai produksi masal System-on-Chip (SoC) atau chipset dengan teknologi 10nm FinFET, di mana perusahaan mengatakan jika mereka menjadi yang pertama dalam menerapkan teknologi tersebut.

samsung-10-nm

Seperti yang dikutip GSM Arena, Senin (17/10/2016), “Produksi massal pertama industri teknologi 10nm FinFET menunjukkan kepemimpinan kami dalam teknologi proses lanjutan,” kata Jong Shik Yoon, Executive Vice President, Head of Foundry Bisnis di Samsung Electronics.

“Kami akan melanjutkan upaya kami untuk berinovasi teknologi scaling dan memberikan solusi total tanpa dibedakan kepada pelanggan kami.” lanjutnya.

Proses 10nm FinFET baru (10LPE) yang digunakan oleh raksasa teknologi dari Korea Selatan itu mengadopsi struktur transistor 3D yang sangat canggih, dan bila dibandingkan dengan teknologi pendahulunya milik perusahaan (14nm ), ada tambahan di kedua teknologi proses dan desain pemberdayaan.

Dengan begitu, hal ini memungkinkan “peningkatan efisiensi daerah hingga 30 persen dengan kinerja 27 persen lebih tinggi atau konsumsi daya 40 persen lebih rendah,” kata Samsung dalam siaran pers.

Selain itu, perusahaan juga mengatakan bahwa chipset yang diproduksi  dengan proses 10nm baru akan diluncurkan pada awal tahun 2017, sedangkan generasi yang kedua proses 10nm (10LPP) dengan peningkatan performa ditargetkan untuk memasuki produksi massal pada semester 2 tahun 2017. Mengingat Samsung juga memiliki tradisi mengumumkan smartphone Galaxy S series pada awal tahun, kemungkinan Galaxy S8 bakal meluncur dengan chipset terbaru buatan Samsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here