Hal yang membuat Samsung dijuluki sebagai raksasa perangkat mobile dunia adalah bukan hanya dari angka penjualan smartphone mereka yang paling tinggi, namun karena perusahaan Korea Selatan ini juga memproduksi hardware untuk digunakan oleh perangkat dari produsen lain. Sebelumya Samsung Electronics mengumumkan telah mengembangkan chip DRAM terkecil di dunia, dan produksi massal chip tersebut telah dimulai.

Chip DRAM ini adalah generasi kedua yang masih menggunakan proses manufaktur 10nm seperti generasi sebelumnya. Chip class 8Gb (8 gigabit, bukan 8 gigabyte) ini memiliki peningkatan efisiensi daya sebesar 15% dan peningkatan performa sebebsar 10% jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, kecepatan operasinya juga meningkat menjadi 3.600mbps per pin dibandingkan dengan 3200mbps pada model generasi pertama.

Tentu saja chip DRAM terbaru buatan Samsung ini akan digunakan oleh perangkat mobie seperti smartphone, laptop, PC, smartwatch dan segala macam perangkat pintar lainnya. Samsung juga menambahkan bahwa hal itu akan mengubah sebagian besar kapasitas produksi DRAM yang ada menjadi chip 10nm pada tahun depan.

Menurut Gyoyoung Jin, presiden bisnis memori di Samsung Electronics, “Dengan cepatnya DRAM class 10nm generasi 2, kami akan memperluas produksi DRAM class 10nm secara lebih agresif, untuk mengakomodasi permintaan pasar yang kuat dan terus memperkuat daya saing bisnis kami.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here