Samsung Notebook 9 (Kredit: Anand Tech)

Tidak hanya perangkat smartphone dan komputer saja yang meramaikan jalannya ajang CES 2016. Perangkat laptop pun juga tidak kalah ramainya pada pagelaran event tahunan ini. Seiring berkembangnya teknologi, memungkinkan untuk dapat menciptakan sebuah perangkat yang lebih tipis. Seperti contohnya pada perangkat laptop dari Samsung yang satu ini.

Samsung Notebook 9 (Kredit: Anand Tech)
Samsung Notebook 9 (Kredit: Anand Tech)

Dilansir dari Anand Tech, Rabu (6/1/2016), Samsung juga tidak ingin kalah dengan merilis laptop besutan mereka sendiri, Samsung Notebook 9. Mungkin Samsung belum terlalu lama menggeluti pasar laptop, namun jika dilihat, kali ini Samsung tidak ingin setengah-setengah dalam memperkenalkan produknya itu.

Terdapat dua varian yang dikenalkan pada acara ini, yaitu varian yang mengusung layar 13,3 inci dan layar 15,6 inci. Untuk spesifikasinya sendiri, keduanya tidak terlampau jauh, karena sama-sama dibekali dengan prosesor dari Intel Skylake U. Sedangkan RAM pada kedua laptop ini, ukurannya antara 4 hingga 8GB, dan menggunakan media penyimpanan SSD dengan ukuran 128 hingga 256GB.

Samsung Notebook 9 dengan layar 13,3 inci (atas) dan layar 15,6 inci (bawah) (Kredit: The Verge)
Samsung Notebook 9 dengan layar 13,3 inci (atas) dan layar 15,6 inci (bawah) (Kredit: The Verge)

Layar keduanya juga menggunakan resolusi yang sama, yaitu sebesar 1920×1080 piksel Full HD. Dua laptop tersebut sama-sama memiliki dua buah port USB 3.0, namun pada varian dengan layar 15,6 inci, terdapat tambahan port USB tipe C dan port USB 3.1 Gen1 yang kecepatannya sama dengan USB 3.0.

Yang menjadi daya tarik kedua laptop ini adalah dimensinya yang bisa dibilang tipis dan sangat ringan. Bagaimana tidak, pada Samsung Notebook 9 dengan layar 13,3 inci memiliki bobot tidak sampai 1 kilogram alias hanya 840 gram saja. Bobot tersebut adalah bobot teringan untuk jenis laptop berukuran layar 13,3 inci. Selain itu, ketebalannya pun hanya 13,4 milimeter saja, sangat tipis untuk ukuran sebuah laptop.

Samsung Notebook 9 dengan layar 13,3 inci (Kredit: Anand Tech)
Samsung Notebook 9 dengan layar 15,6 inci yang dilengkapi dengan port USB tipe C (Kredit: Anand Tech)

Sedangkan kakaknya, Samsung Notebook 9 dengan layar 15,6 inci memiliki bobot yang sedikit lebih berat, yaitu 1,29 kilogram. Namun dari informasi yang kami cari, bobot tersebut adalah paling ringan untuk laptop berukuran layar seluas itu. Untuk ketebalannya juga tidak terlampau jauh dengan adiknya, yaitu 14,5 milimeter saja. Saat mencari tahu, ternyata rahasia dibalik tipis dan ringannya kedua laptop ini adalah penggunaan bahan dasar magnesium alloy.

Belum tahu kapan Samsung Notebook 9 ini akan dipasarkan, namun jika menebak dari desain dan spesifikasinya, kedua laptop ini diperkirakan dibanderol dengan kisaran harga 9 hingga 13 juta Rupiah.

(ND/Anand Tech)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here