Samsung memang baru saja mengenalkan prosesor quad core Exynos 4 yang digunakan oleh Samsung Galaxy S III. Namun kini mereka dikabarkan tengah menyiapkan generasi berikutnya dari prosesor tersebut, yakni prosesor Exynos 5 Dual.

Prosesor ini dibangun dengan teknologi 32nm. Chip terbaru tersebut juga bakal mendukung tampilan yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya, yakni WQXGA (2560 x 1600). Chip tersebut dibanung dengan prosesor ARM Cortex-A15 dual core system-on-a-chip (SoC) yang masing-masing memiliki kecepatan 1.7GHz. Teknologi Cortex-A15 tersebut juga diklaim memiliki DMIPS (Dhrystone Milion Instruction per Second) 40 persen lebih tinggi dibandingkan core Cortex-A9.

“Ketika user menyadari keuntungan dari browsing di web, melihat video HD dan bermain game di perangkat mobile, mereka meminta tampilan dengan resolusi yang lebih tinggi dan performa multimedia yang lebih baik,” ujar Samsung dalam blog resminya. Namun Samsung melanjutkan bahwa chip tersebut menawarkan performa terbaik jika digunakan pada sebuah tablet.

Untuk permasalahan multimedia, prosesor ini pun tak kalah. Chip ini dilengkapi dengan memori dengan bandwidth 12.8GB/s dengan 2-port 800MHz LPDDR3. Dengan penyematan teknologi tersebut, prosesor ini dengan mudah menghandle encoding/decoding video 1080p HD, grafik 3D dan operasi berat lainnya.

Belum cukup di situ saja. Prosesor ini juga dilengkapi dengan dukungan terhadap DirectX 11, yang memungkinkannya untuk digunakan pada OS Windows 8.

(Via Softpedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here