Media penyimpanan saat ini terus mengalami perkembangan yang mana dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan. Terutama dari segi fisik yang bisa dibilang semakin kecil, namun tetap memberikan performa di atas rata-rata. Seperti beberapa tahun silam, saat dimana SSD mulai diperkenalkan, yang mana kita tahu bahwa ukuran SSD saat itu seperti hard disk laptop pada umumnya, namun mampu memberikan performa baca (read)/tulis (write) lebih dari tiga kali lipat dari hardi disk konvensional.

ssd-t3-0

Kali ini, salah satu terobosan dilakukan oleh perusahaan SSD ternama, Samsung, yang memperkenalkan jajaran SSD portabel terbarunya. Dikutip dari Engadget, Selasa (5/1/2016), SSD dengan Samsung SSD T3 ini memang peruntukannya adalah sebagai media penyimpanan. Namun yang menarik adalah, ukuran dari SSD ini tidak lebih dari setengah layar smartphone.

Soal performanya, jangan diragukan lagi, karena kabarnya menurut informasi dari pihak Samsung, meskipun ukurannya kecil, SSD T3 ini mampu memberikan kemampuan baca/tulis hingga 450MB/s. Hal ini berkat penggunaan chip memori milik Samsung sendiri, V-NAND, yang mana juga digunakan pada SSD konvensional buatan mereka. Namun kecepatan tersebut akan didapat bila menggunakan koneksi ke port USB 3.1. Oh ya SSD ini juga mendukung penggunaan port USB tipe C.

ssd-t3-01

Bicara keamanan, untuk melindungi data dari SSD ini, terdapat proteksi yang menggunakan enkripsi data AES 256-bit. Sehingga bila suatu saat hilang, tidak perlu khawatir SSD ini diakses orang lain, karena untuk membuka enkripsi AES 256-bit tidaklah mudah, dan memakan waktu yang cukup lama.

Untuk ukurannya sendiri, Samsung SSD T3 ini terdapat beberapa opsi, antara lain 250GB, 500GB, 1TB dan 2TB. Untuk kisaran harga, Samsung masih belum mengumumkan secara pasti, namun bisa dipastikan lebih mahal dari pendahulunya, SSD T1.

https://www.youtube.com/watch?v=GsVHSykXB0Y

(ND/Engadget)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here