Render Vivo Xplay 5 (Kredit: Weibo)

Jika ada satu hal kelebihan Samsung yang tak dimiliki oleh kompetitornya adalah smartphone seri Edge milik mereka. Sejak pertama kali diperkenalkan pada handset Galaxy Note Edge, smartphone dengan layar lengkung milik Samsung sepertinya menjadi perhatian banyak kalangan, seperti pada smartphone berikutnya, yakni Galaxy S6 Edge dan yang terbaru Galaxy S7 Edge. Namun sepertinya Samsung tak ingin sendirian dalam membuat smartphone dengan layar lengkung.

Render Vivo Xplay 5 (Kredit: Weibo)
Render Vivo Xplay 5 dengan layar lengkung (Kredit: Weibo)

Seperti laporan Ubergizmo, Rabu (2/3/2016), raksasa asal Korea Selatan ini mulai menawarkan teknologi layar lengkung mereka kepada original equipment manufacturer (OEM) lain, untuk membuat smartphone dengan layar lengkung. Hal ini mencuat berkat laporan ET News yang mengatakan jika Samsung tengah berdiskusi dengan beberapa OEM Tiongkok tentang menggunakan layar Edge mereka untuk smartphone masa mendatang.

OEM di sini yang dimaksudkan adalah Huawei, Xiaomi, dan Vivo, ketiga OEM ini memang sangat mendominasi pasar smartphone, terlebih di Tiongkok. Xiaomi sendiri telah memperkenalkan flagship Mi 5 dengan layar konvensional, jika memang ini benar maka smartphone masa depan Xiaomi yang akan mulai menggunakan teknologi layar Edge milik Samsung.

Smartphone flagship Huawei P9 juga dilaporkan tidak akan mengusung layar lengkung milik Samsung, meski smartphone tersebut belum diluncurkan secara resmi. Seperti Xiaomi, smartphone dari Huawei yang akan mengusung layar Edge milik Samsung kemungkinan smartphone masa depan.

Berbeda dari Xiaomi dan Huawei yang menggunakan teknologi layar lengkung pada smartphone masa depan, Vivo malah sudah menggunakan layar Edge pada smartphone flagship miliknya yakni Vivo Xplay 5. Hal ini berkat foto-foto bocoran dari smartphone Vivo Xplay 5, yang menampilkan layar lengkung seperti Galaxy S7.

Tentu saja, apakah penerapan layar lengkung milik Samsung pada Vivo Xplay 5 bakal menjadi fungsional seperti pada perangkat Edge milik Samsung, itu harus dilihat nanti ketika telah meluncur di pasaran. Namun sepertinya menarik jika di masa mendatang tak hanya Samsung saja yang memiliki handset dengan layar lengkung, sehingga banyak alternatif lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here