Samsung Telah Ungkapkan Chipset Exynos 9810 dengan CPU dan GPU Baru

Samsung Telah Ungkapkan Chipset Exynos 9810 dengan CPU dan GPU Baru

Sebagai raksasa teknologi, sudah sewajarnya bila Samsung mendapatkan berbagai penghargaan. Sebelumnya raksasa Korea Selatan tersebut telah memenangkan 36 penghargaan untuk perangkatnya di CES 2018 Innovation Awards termasuk untuk chipset terbaru Exynos 9810. Meskipun belum begitu diketahu detail dari chipset tersebut, yang pasti Galaxy S9 untuk tahun depan bakal didukung chipset tersebut, selain menggunakan Snapdragon 845.

Smartphone flagship milik Samsung yang meluncur tahun ini, termasuk Galaxy S8, Galaxy S8 Plus, dan Galaxy Note 8 mengusung chipset Exynos 8895, yang merupakan chipset 10nm pertama dari perusahaan. Sementara untuk chipset terbaru Exynos 9810 bakal menjadi chipset kedua dari perusahaan yang dibangun dengan proses 10nm.

Meski saat ini belum ada informasi mengenai konfigurasi yang dimiliki oleh Exynos 9810, namun perusahaan telah menyatakan bahwa chipset tersebut masuk ke dalam seri chipset Exynos 9 Series. Chipset baru ini mengusung CPU custom generasi ketiga dan juga termasuk GPU Mali-G71.

Modem Cat.18 gigabit 6CA LTE yang ada pada chipset ini mampu mencapai kecepatan download maksimal 1,2 Gbps. Sedangkan modem 5CA yang tersedia pada chipset Exynos 8895 dapat mencapai kecepatan download maksimal 1 Gbps. Samsung diharapkan bisa mengungkapkan secara pasti spesifikasi Exynos 9810 dalam waktu dekat.

Sebuah laporan dari bulan sebelumnya telah mengungkapkan bahwa Samsung tertarik untuk mengembangkan chipset yang memiliki syaraf kecerdasan buatan (neural AI) untuk pengenalan suara, pemrosesan bahasa saraf dan sebagainya. Diharapkan jika chip neural AI bakal hadir pada chipset Exynos 9810 yang bakal diusung oleh duo Galaxy S9 pada kuartal pertama tahun depan.

NO COMMENTS

Leave a Reply