kredit: Samsung

Samsung ternyata mempunyai trik tersendiri yang digunakan pada produk komputer buatannya. Trik tersebut adalah menonaktifkan fitur Windows Update yang biasa dijumpai pada produk PC berbasis Windows. Sebagai gantinya, mereka mengaktifkan aplikasi utilitas bernama SW Update yang fungsinya tak jauh berbeda.

kredit: Samsung
kredit: Samsung

Hal ini diungkapkan oleh peneliti Patrick Berger. Seperti diketahui, fitur Windows Update memungkinkan pemilik PC Windows untuk memperoleh update secara berkala dari Microsoft. Sementara itu aplikasi SW Update milik Samsung memberikan fitur untuk melakukan update bloatware yang sebelumnya telah diinstal oleh Samsung pada komputer.

Barker menjelaskan meskipun pengguna PC Samsung mengaktifkan Windows update secara manual, maka pada saat melakukan booting ulang fitur tersebut akan kembali nonaktif. Hal ini karena terdapat aplikasi executable yang telah dipasang oleh Samsung bernama Disable_Windowsupdate.exe. Aplikasi executable ini pun secara otomatis mengaktifkan SW Update dan di sisi lain mematikan Windows Update.

Samsung sendiri mempunyai alasan kenapa mereka menonaktifkan Windows Update. Juru bicara dari Samsung mengatakan kalau pada saat mengaktifkan Windows Update, maka aplikasi tersebut akan menginstal driver default untuk semua hardware yang ada di laptop. Terlepas apakah driver tersebut bakal bekerja atau tidak. Dan untuk mencegah hal tersebut, Samsung pun menyediakan SW Update.

via Gizmodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here