Jika berbicara tentang SSD, kini tak hanya membahas soal kapasitas dan harganya saja, karena ukuran sekarang mejadi hal yang penting. Kali ini Samsung telah mengumumkan telah dimulainya produksi massal atas produk BGA NVMe PCIe solid state drive baru terkecil, dan yang pertama dari jenisnya bakal tersedia dalam jumlah yang besar.

BGA_SSD_Main_1

SSD yang disebut PM971-NVMe ini memiliki ukuran yang sangat kecil, dengan menggabungkan semua komponen SSD menjadi paket yang lebih kecil dari prangko standar. SSD ini memang dirancang khusus untuk PC generasi selanjutnya dan laptop ultra-slim. PM971-NVMe berukuran 20mm x 16mm x 1.5mm dan sangat ringan.

BGA_SSD_Main_2_2

Volume SSD tersebut sekitar seperseratus dari SSD 2,5 inci atau HDD, dan menawarkan kinerja mampu mengungguli SATA 6GB/detik antarmuka dengan sequential read / write masing-masing memiliki kecepatan hingga 1500MB/detik dan 900MB/detik.

Menurut Samsung, hanya dibutuhkan waktu selama 3 detik untuk mentransfer film full-HD setara 5GB dan sampai 1500 kali lebih cepat dibandingkan hard drive standar ketika secara acak membaca/menulis operasi input output per detik (masing-masing, 190 ribu dan 150 ribu). Samsung berencana untuk menawarkan SSD untuk kapasitas 128, 256, dan konfigurasi 512GB.

Sejak dulu, Apple sudah menggunakan SSD keluaran Samsung pada produk Mac miliknya, dan kemungkinan besar Apple juga bakal menggunakan SSD milik Samsung di komputer masa depan. Meski tidak ada jaminan mutlak, namun Apple biasanya lebih suka menggunakan teknologi yang inovatif seperti SSD milik Samsung ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here