Baru-baru ini Samsung Electronics telah mengumumkan eUFS 2.1 berkapasitas 1TB pertama di industri (embedded Universal Flash Storage). Kabar baiknya, chip penyimpanan tersebut sudah mulai diproduksi secara massal, sehingga kita bisa mengharapkan chip premium tersebut akan digunakan pada smartphone flagship milik Samsung selanjutnya, yang diduga akan digunakan oleh Galaxy S10+.

Chip eUFS 1TB baru ini hanya sebesar chip 512GB sebelumnya (11,5 x 13mm) sambil menahan dua kali lipat kapasitas penyimpanan dengan menggabungkan 16 lapisan memori flash V-NAND yang ditumpuk dan pengontrol yang baru dikembangkan. Namun Samsung mampu membuat perolehan kecepatan yang substansial juga.

Chip baru ini menawarkan kecepatan read sekuensial hingga 1000 MB/s dan kecepatan write sekuensial 260 MB/s. Sebagai catatan, SSD SATA 2,5 inci standar memiliki kecepatan read sekitar 540 MB/s, jadi kecepatan yang dapat chip baru ini sangat mengesankan. Dibandingkan dengan penyimpanan 512GB generasi sebelumnya, kecepatan read acak chip 1TB ini telah meningkat sebesar 38%.

Tidak mengherankan jika Samsung Galaxy S10+ akan mengusung chip penyimpanan 1TB terbaru, mengingat model ini adalah varian tertinggi dari tiga smartphone yang akan diluncurkan perusahaan. Namun untuk mengetahui apakah perusahaan asal Korea Selatan ini akan menghadirkan Galaxy S10+ dengan penyimpanan 1TB harus kita lihat ketika Samsung mengumumkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here