Setelah Huawei merilis chipset flagship Kirin 980 dan Apple merilis A12 miliknya, kini giliran Samsung yang merilis chipset flagship miliknya, yakni Exynos 9820. Chipset ini berbasis proses LDP (Low Power Plus) 8 nm FinFET dan merupakan evolusi dari 10 nm Exynos 9810. SoC datang dengan modem 2 Gbps LTE, CPU Tri-cluster dan NPU yang ditingkatkan.

Samsung menerapkan CPU generasi keempat dengan dua core kustom untuk kekuatan pemrosesan final, dua core Cortex-A75 untuk performa dan cluster ketiga dari empat unit Cortex-A55 untuk efisiensi daya. Perusahaan mengatakan konfigurasi baru memiliki penjadwal tugas yang cerdas untuk meningkatkan kinerja multi-core sebesar 15% dari Exynos sebelumnya. Hasil single-core akan mencapai 20% dan memberikan efisiensi daya 40%.

Modem LTE-Advanced Pro bisa dibilang sebagai jalur alternatif untuk menuju chipset 5G dengan kecepatan donwlink 2Gbsps, tetapi perusahaan itu tidak menggunakan istilah next-gen dalam siaran persnya. Spesifikasi teknis termasuk 8x CA dan uplink hingga 316 Mbps. Seperti pendahulunya, Exynos 9820 mengandalkan teknologi 4×4 MIMO, 256-QMA dan eLAA untuk kecepatan super cepat.

Sedangkan untuk GPU, chipset ini menggunakan core Mali-G76 yang dapat memberikan peningkatan performa hingga 40% atau penghematan daya sebesar 35%. NPU adalah unit terpisah yang akan membuat proses AI sekitar tujuh kali lebih cepat. Dalam praktiknya, harus membantu kamera untuk menyesuaikan pengaturan ke sekitarnya atau objek dalam fokus untuk memberikan informasi yang lebih baik.

Perusahaan asal Korea Selatan ini mengatakan chipset diharapkan akan diproduksi massal pada akhir tahun ini, yang berarti harus siap untuk peluncuran Galaxy S10. Untuk Galaxy S10 sendiri akan hadir pada kuartal pertama tahun 2019, jika Samsung masih pada jadwalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here