Samsung baru-baru ini telah mengumumkan dua drive SSD terbaru miliknya yang bernama 960 Pro dan 960 EVO. Kedua drive SSD tersebut diproduksi pada form-factor M.2, dan NVM Express (NVMe) PCle Generasi ketiga. Lalu apa saja kelebihan yang dimiliki oleh kedua SSD terbaru ini?

samsung-960-ssd

SSD lini baru 960 ini mengusung spesifikasi kelas atas yang mengesankan. Menurut perusahaan, untuk model Pro memiliki kecepatan read maksimal 3500 MBps, sementara untuk model EVO mencapai 2100 MBps. Bahkan untuk kecepatan nomor operasi read dan write secara acak lebih menarik lagi, yakni 440.000 untuk Pro dan 360.000 untuk model EVO.

Tentu saja dengan semakin cepatnya proses read dan write dapat meningkatkan performa komputer, terlebih saat melakukan transfer data dalam ukuran dan jumlah yang sangat besar. Untuk kebanyakan konsumen, akses random adalah diferensiasi kinerja SSD yang paling mudah untuk dipahami. Dalam kasus yang sebenarnya, sebagian besar data yang diakses secara acak, dan beberapa hal seperti peluncuran aplikasi, atau urutan booting secara langsung dipengaruhi oleh random access throughput.

Sedangkan untuk kapasitasnya, SSD Samsung 960 Pro dapat mencapai 2 TB, bersama dengan dua kapasita lainnya, yakni 512GB dan 1 TB. Untuk harganya, Samsung 960 Pro paling terjangkau dibanderol $329 atau setara dengan Rp4,3 jutaan. Sedangkan model EVO akan tersedia dalam kapasitas 250GB, 500GB, dan 1 TB di mana harga termudah dari model ini sebesar $130 USD atau setara Rp1,7 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here