Sebelumnya memang sudah banyak rumor-rumor yang beredar megenai jam tangan pintar besutan Samsung ini, dan kali ini terbukti. Jelang event IFA 2015 yang akan diselenggarakan di Berlin, Samsung perkenalkan smartwatch barunya yakni Gear S2 dan Gear S2 Classic. Seperti apa spesifikasi jam tangan pintar ini sesungguhnya?

Gear S2

Samsung menghadirkan Gear S2 yang ditujukan bagi mereka yang sering mobile dan menyukai desain minimalis serta moderen, sedangkan Gear S2 Classic ditujukan bagi mereka yang menyukai desain yang tak termakan waktu serta elegan, Gear S2 Classic tampil dengan warna hitam elegan dengan bahan kulit asli.

Samsung Gear S2 Classic
Samsung Gear S2 Classic

Bergeser pada spesifikasi yang diusung kedua jam tangan pintar ini, Gear S2 dan S2 Classic sama-sama mengusung layar Super AMOLED seluas 1,2 inci dengan resolusi (320 × 320, 302ppi). Sedangkan untuk prosesornya, kedua jam tangan pintar ini menggunakan prosesor dual core 1.0 GHz serta telah menjalankan sistem operasi milik Samsung, Tizen. Untuk kapasitas memorinya terdapat RAM sebesar 512MB dan memori ROM 4GB.

Samsung Gear S2
Samsung Gear S2

Selain itu, jam tangan pintar ini juga dilengkapi dengan fitur NFC, monitor detak jantung, dan WiFi. Jam tangan pintar ini memiliki kapasitas baterai sebesar 250mAh yang dapat diisi ulang secara nirkabel atau wireless dan dapat bertahan 2 – 3 hari. Kedua smartwatch ini telah tersertifikasi IP68 yang membuatnya tahan terhadap debu dan air.

Samsung Gear S2 ada juga yang versi 3G, jam tangan pintar yang mendukung 3G memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 300mAh. Model ini merupakan yang pertama kalinya jam tangan pintar yang mendukung e SIM untuk menjalankan tugas seperti panggilan suara secara mandiri tanpa harus terhubung ke smartphone.

Turut disertakannya chip NFC kedalam perangkat ini agar jam tangan pintar ini dapat melakukan pembayaran mobile atau mobile payment seperti pada perangkat smartwatch milik Apple. Namun Samsung tak menyinggung sedikitpun tetang “Samsung Pay” saat memperkenalkan fitur ini.

Jam tangan pintar ini juga telah dilengkapi dengan aplikasi seperti Nike++ Running dan S Health. Meski menggunakan OS Tizen, Samsung telah bekerja sama dengan sejumlah pengembang dan mitra untuk menghadirkan tampilan antarmuka yang beragam.

Samsung tak menyatakan perihal tentang kapan jam tangan pintar ini akan mulai dijual dan berapa harga yang dibanderol untuk kedua jam tangan pintar ini, Samsung hanya menegaskan perangkat ini akan dipamerkan di ajang IFA 2015 yang segera berlangsung di Berlin, Jerman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here