Samsung memang serius dalam mengembangkan chipset miliknya, dan chipset Exynos milik Samsung kini merambah ke wilayah 10nm dengan chipset terbaru Exynos 9 Series 8895. Chipset tersebut menjanjikan 27% peningkatan pada sektor performa dan penggunaan daya 40% lebih rendah dari chipset 14nm.

Exynos 9 Series 8895

Exynos 9 memiliki prosesor octa-core yang merupakan generasi kedua dari custom Samsung Core, yang terbagi dalam cluster quad-core berinti besar, dan quad-core Cortex-A53 berinti kecil. Untuk pengolah grafis, chpiset tersebut mengandalkan GPU Mali-G71, yang siap untuk menangani VR, sehingga GPU seharunya memiliki 20 core.

Samsung mempertahankan paritas dengan Qualcomm, dimana mereka┬ámenawarkan modem Gigabit LTE – yang mampu mencapai download 1Gpbs dan 150Mbps upload. Sebuah modul keamanan built-in akan bekerja dengan pemindai sidik jari dan iris scanner untuk pembayaran mobile yang aman.

VR adalah fokus khusus dari Exynos 9 Series 8895. GPU ini dibangun dengan VR secara mendalam dan berjanji untuk meminimalkan latency untuk pengalaman yang lebih baik. Sedangkan untuk VR non-interaktif dibantu oleh decoder video, yang dapat meningkatkan video 360 ┬░.

Sedangkan untuk spesifikasi lainnya termasuk dukungan untuk merekam video beresolusi 4K pada 120fps dan playback. Ada juga Vision Processing Unit, yang dapat melacak benda bergerak dalam video, membantu dengan pengolahan panorama dan machine vision.

Audi Exynos

Samsung Galaxy S8 yang merupakan smartphone flagship untuk tahun ini yang bakal mengusung chipset Exynos 9 Series 8895 dan tetap berdampingan dengan varian yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835. Namun tak hanya smartphone yang akan menggunakan chipset ini, karena Audi telah mendaftar untuk menggunakan chipset Exynos dalam mobil mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here