Vending machine yang kerap dijumpai menjual berbagai jenis minuman sepertinya tak berubah dari tahun ke tahun. Meskipun perkembangan teknologi sudah maju, tak demikian dengan bentuk dan fungsi dari sebuah vending machine.

Hal inilah yang ingin diubah oleh perusahaan bernama Sanden. Bekerja sama dengan Okaya Electronics dan Intel, Sanden berusaha menawarkan sebuah vending machine yang memiliki tampilan berbeda, dan tentunya memiliki teknologi tinggi.

Vending machine bikinan tiga perusahaan tersebut dibubuhi dengan sebuah touchscreen berukuran 65 inci. Touchscreen transparan tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dari mendisplaykan produk, memainkan video, jam hingga untuk keperluan iklan.

Seperti yang dikatakan di awal, Sanden berusaha membuat vending machine yang berteknologi tinggi. Jadi tak hanya touchscreen yang mereka gunakan dalam vending machine tersebut. Pihak perusahaan juga menambahkan sebuah kamera dan teknologi facial recognition ke dalam vending machine ini.

Dengan adanya teknologi anynomous facial recognition, alat ini dapat mengenali pengunjung yang ada di depannya. Selanjutnya alat ini dapat mengenali gender dan usia dari pengunjung itu. Dari data tersebut, vending machine ini akan menawarkan minuman yang cocok dengan orang itu. Misalnya, jika ada seorang anak, maka vending machine akan menawarkan sekaleng soda.

Display dari vending machine ini juga dapat memberikan informasi lebih kepada para pembelinya. Layar tersebut dapat memuat informasi mengenai komposisi dari jenis minuman atau makanan yang akan dibeli oleh konsumen.

Namun untuk menunggu alat ini dijumpai di tempat-tempat publik nampaknya harus menunggu cukup lama. Saat ini vending machine ini masih berupa prototipe. Jadi tunggu saja sampai alat ini diluncurkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here