Robot sekarang sudah mulai bermunculan, mulai dari robot pembersih rumah, robot pelayan restoran, robot tukang parkir dan juga robot yang digunakan di pabrik.

Kali ini kami menampilkan tentang robot yang bisa berfungsi sebagai pengganti buruh pabrik bernama Sawyer, yang diproduksi oleh Rethink Robotics, sebuah perusahan robotik dari Boston yang menspesialisasikan diri memproduksi robot agar pabrik bisa berfungsi lebih efisien, lebih aman serta lebih produktif.

robot_rethink_robotics_sawyer

Sebelumnya Rethink Robotics telah memiliki robot bernama Baxter dengan dua lengan yang diluncurkan pada tahun 2012 yang memiliki fungsi untuk menggantikan pekerjaan berat seperti mengangkat kotak.

Kali ini Sawyer, yang hanya memiliki satu lengan lebih diperuntukkan bagi pekerjaan lebih ringan dan membutuhkan detail serta presisi, seperti ujicoba papan sirkuit, dan lain-lain. Harga Robot Sawyer adalah 29000 USD yang lebih mahal 4000 USD dibanding Baxter.

Yang menarik dari robot ini adalah adanya wajah digital dari layar di bagian atas robot, yang juga berfungsi sebagai user interface. Dengan adanya Sawyer, maka sebagian pekerjaan buruh pabrik bisa digantikan oleh robot ini.

Jabil, perusahaan industri elektronik global akan menjadi konsumen pertama yang tertarik oleh Sawyer ini untuk dioperasikan di pabrik mereka.

Anda bisa melihat video perkenalan Sawyer di bawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here