Sejauh ini, OS Android telah sampai pada versi Q yang masih dalam versi beta. Namun kabar tentang versi selanjutnya, yakni Android R sudah mulai bermunculan. Sebelumnya ada laporan bahwa iterasi besar berikutnya dari OS Android tidak akan memiliki dukungan untuk scrolling screenshot, namun tampaknya fitur ini telah ditambahkan ke map untuk versi berikutnya. Scrolling screenshot baru-baru ini ditandai sebagai “tidak layak” di pelacak isu Android tetapi keputusan itu sekarang telah ditolak, yang berarti telah membuka jalan bagi stock Android untuk memiliki fitur ini juga.

Fitur scrolling screenshot cukup berguna ketika Anda mencoba untuk screenshot semua konten pada halaman web karena dapat menangkap lebih dari satu layar penuh. Beberapa produsen smartphone yang mengembangkan tampilan antarmuka milik mereka sendiri, seperti Samsung telah menghadirkan fungsi ini ke UI Android kustom milik mereka. Sayangnya, fitur ini tidak pernah menjadi fitur Android secara bawaan.

Dave Burke selaku Wakil presiden Google bidang teknik untuk Android mengatakan bahwa mereka mengesampingkan keputusan pelacak isu dan mengatakan bahwa fitur ini sekarang berada di “hopper untuk Android R.”

Perusahaan akan meluncurkan Android Q akhir tahun ini dan fitur scrolling screenshot tidak akan tersedia secara bawaan dalam rilis mendatang. Sementara Android R sendiri akan tiba sekitar tahun 2020, jadi meskipun ada konfirmasi bahwa Google sekarang berpikir untuk menambahkan fungsi ini, itu tidak akan tiba dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here