Dikutip dari keterangan pers Seagate, Seagate Technology secara resmi telah mengambil alih bisnis hard disk drive (HDD) Samsung Electronics Co Ltd. Akuisisi ini sendiri sudah mendapat persetujuan resmi dari Komisi di Australia, China dan Eropa. Nilai akuisisi ini tidaklah kecil, nilainya mencapai angka  1,4 miliar dollar AS. Sebagai kompensasi, Samsung juga telah menunjuk calon untuk menjadi salah satu Dewan Direksi Seagate.

Setelah adanya akuisisi ini,  Seagate akan mendapatkan hak penjualan bisnis HDD Samsung seperti lini produk Samsung M8, HDD 2,5 inci, beberapa aset, infrastruktur dan karyawan. Menurut kabar, Seagate akan menambah kapasitas produksi HDD Samsung selama enam bulan ke depan dan akan menjual produk HDD Samsung melalui perusahaan independen.

Nampaknya Seagate akan tetap mempertahankan merek HDD Samsung di pasaran, Pada tahun 2010 saja, pengiriman HDD dari dua produsen HDD ini mencapai 261,2 juta unit, ini merupakan 40 persen penjualan HDD di seluruh dunia. Sementara Western Digital dan Hitachi Global Storage Technologies masih memimpin pangsa pasar sebesar 50 perse, kita lihat saja bagaimaa “action” dari Seagate dan Samsung di tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here