Kapasitas 1TB mungkin sudah mulai terasa kurang bagi sebagian kecil mania multimedia atau pekerja multimedia yang memproses video atau file 3D yang memerlukan space besar dalam pekerjaan mereka atau pun kebutuhan enterprise dan cloud provider(komputasi awan). Maka Western Digital telah meluncurkan harddisk WD My Book Studio Edition 2 berkapasitas 6TB dan inipun masih dirasa kurang oleh sebagian orang atau industri karena kebutuhan yang semakin meningkat dan Seagate pun sudah meluncurkan kapasitas 6TB pada April 2014 lalu.

seagate-6tb-drive

Oleh karena itu Seagate, kompetitor Western Digital pun sudah mengumumkan bahwa mereka akan memasarkan harddisk dengan kapasitas lebih besar lagi yaitu 8TB tak lama lagi terutama untuk konsumen enterprise dan cloud service provider yang akan menjadi harddisk berkapasitas terbesar saat itu.

Bahkan CEO Seagate bernama Luzco juga telah menyebutkan bahwa harrdisk 10TB sedang dalam pengerjaan dan mungkin dirilis dalam rentang waktu 12 bulan ke depan. Drive berkapasitas super ini akan menggunakan teknologi HAMR (heat-assisted magnetic recording) yang menggunakan laser untuk memanaskan material sebelum menyimpan data dengan teknologi magnet yang memungkinkan kestabilan orientasi magnet sehingga tercipta kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Coba perhatikan perbandingan teknologi HAMR (kanan) dengan perpendicular recording (sebelah kiri):

heat-assisted-magnetic-recording-vs-perpendicular

Teknologi Seagate berbeda dengan teknologi dari Western Digital yang menggunakan helium untuk menghasilkan drive berkapasitas besar, namun sayangnya WD tidak mengumumkan produk drive yang lebih besar lagi setelahnya, mungkin mereka menemukan keterbatasan pada penggunaan teknologi helium.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here