Selama ini yang menjadi hambatan sulitnya smartphone milik Xiaomi ke Indonesia adalah, terganjal regulasi TKDN yang menjadi momok bagi vendor smartphone luar negeri yang ingin menjual produknya di Indonesia secara legal. Tentu hal ini sangat mengecewakan penggemar Xiaomi, mengingat ponsel Xiaomi sangat diminati di Indonesia. Namun tampaknya ada angin segar, dimana beredar kabar bahwa Xiaomi bakal meluncurkan smartphone miliknya ke Indonesia.

xiaomi-redmi-3s

Seperti yang dikutip dari Tekno Kompas, Senin (07/11/2016), Xiaomi dikabarkan bakal meluncurkan smartphone dengan nomor model MI-201631 yang saat ini tengah diuji oleh balai sertifikasi Ditjen SDPPI Kemenkominfo. Seperti yang kita ketahui, nomor model tersebut merujuk pada smartphone entry-level Redmi 3s yang merupakan varian murah dari Redmi 3.

Kendati ada niat untuk masuk ke pasar Indonesia, namun langkah yang harus dilewati oleh Redmi 3s masih cukup panjang, karena status Redmi 3s masih bertuliskan “proses dibuat SP3” per 4 November lalu. Ini berarti Redmi 3s telah melewati dua tahap dan akan menghadapi dua tahap selanjutnya.

Dua tahap yang sudah dilewati Redmi 3s adalah pengajuan dan pemeriksaan persyaratan dokumen. Sementara dua tahap selanjutnya adalah evaluasi hasil uji dan surat perintah pembayaran sertifikasi (SP2) agar sertifikasi dapat diterbitkan.

Masuknya ponsel Xiaomi ke Ditjen SDPPI diduga telah memenuhi atau dalam proses pemenuhan regulasi TKDN sebanyak 30% untuk smartphone 4G di tahun 2017. Meski tidak diketahui strategi apa yang diterapkan perusahaan, namun tampaknya Erajaya berperan besar dalam proses masuknya Redmi 3s ke Indonesia. Seperti yang kita ketahui, distributor besar itu selama ini telah menjadi mitra Xiaomi dalam menghadirkan ponsel Xiaomi ke Indonesia.

Erajaya sendiri telah berinvestasi pada pabrik perakitan PT Satnusa di Batam, dimana pabrik tersebut seringkali dijadikan gerbang utama para vendor luar negeri yang enggan mendirikan pabrik perakitan di Indonesia. Terlepas dari benar atau tidaknya dugaan ini, baik dari pihak Xiaomi maupun Erajaya masih memilih tutup mulut.

Xiaomi Redmi 3s sendiri merupakan smartphone entry-level yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 430 octa-core, berbeda dengan Redmi 3 yang menggunakan chipset Snapdragon 616. Selain itu, smartphone ini masih mengusung layar seluas 5 inci HD 720, kamera utama 13MP, kamera depan 5MP, sensor fingerprint, dan baterai 4.100mAh. Smartphone ini tersedia dalam dua varian, yakni RAM 2GB + ROM 16GB dan RAM 3GB + ROM 32GB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here