Pemanfaatan sel surya sebagai sumber tenaga saat ini kurang begitu banyak. Banyak alasan yang diungkapkan, baik itu dari permasalahan efisiensi hingga bentuk fisiknya yang tak menarik. Namun untuk faktor yang terakhir, kini bisa diatasi oleh para peneliti dari Michigan State University yang berhasil menciptakan sel surya transparan.

Pencapaian ini pun diharapkan semakin memperbanyak tingkat penggunaan sel surya di bangunan. Dengan bentuknya yang transparan itu, maka integrasi sel surya pada jendela bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini pun berhasil memecahkan permasalahan yang dijumpai oleh sel surya biasa.

sel surya transparan

Para peneliti itu pun berhasil membuat sebuah coating molekul organik yang bisa membedakan tipe cahaya. Coating tersebut bertugas untuk menangkap cahaya ultra violet dan pancaran infra red matahari. Selanjutnya, hasil tangkapan itu diarahkan ke lokasi sel surya yang berada di bagian ujung kaca.

Namun metode seperti ini harus mengorbankan efisiensi energi yang dihasilkan. Tingkat konversi sel surya transparan ini hanya sebesar 1 persen, sangat jauh jika dibandingkan metode lain yang bisa memperoleh efisiensi hingga 19 persen. Dan untuk itu, kini para peneliti pun berusaha untuk meningkatkan efisiensinya hingga mencapai 5 persen.

via Softpedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here