You are currently viewing Selain Android, Xiaomi Mi Pad 2 Akan Tersedia Dalam Versi Windows 10

Pada tanggal 24 November lalu, Xiaomi memeperkenalkan dua perangkat mobile yang sangat dinanti-nanti kehadirannya, yakni Redmi Note 3 dan Mi Pad 2. Keduanya membawa peningkatan di segala aspek, tak hanya dari spesifikasi saja namun juga dari segi harga yang lebih terjangkau serta desain yang lebih elegan karena keduanya dibalut body bermaterial metal. Menariknya, Xiaomi Mi Pad 2 tak hanya tersedia berbasis OS Android saja, namun juga tersedia dalam versi Windows 10.

xiaomi_mi_pad_2_gold

Xiaomi Mi Pad 2 tak hanya menarik perhatian banyak kalangan hanya dari desainnya saja yang kini mengusung body metal secara keseluruhan, namun juga dari pilihan yang disuguhkan oleh perusahaan di mana tablet ini tersedia dalam dua varian OS, yakni Android dan Windows 10.

Hal ini dimungkinkan karena Mi Pad 2 telah dibekali dengan prosesor quad core 64 bit Intel Atom X5-Z8500 yang kompatibel untuk menjalankan sistem operasi Windows 10 karena berarsitektur x86. Dengan berbekal prosesor seperti itu, tentunya bukan hal yang sulit bagi Mi Pad 2 untuk menjalankan sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut.

Intel memang merancang prosesor Intel Atom besutannya yang khusus digunakan untuk perangkat smartphone atau tablet agar dapat menjalankan Android maupun Windows 10 secara optimal. Kendati demikian, Mi Pad 2 bukanlah perangkat yang memiliki fitur dual boot, karena perusahaan akan menawarkan tablet ini dalam dua varian berdasarkan OS yang diusung. Dengan layar seluas 7,9 inci, Mi Pad 2 masih memenuhi syarat agar dapat menggunakan lisensi gratis Windows 10. Karena lisensi gratis itu pula, Mi Pad 2 merupakan tablet Windows 10 termurah saat ini.

mi-pad-2-12

Mi Pad 2 yang menjalankan sistem operasi Windows 10 tak akan dikenakan biaya ekstra, karena tablet tersebut menggunakan lisensi gratis, namun tablet yang menjalankan Windows 10 hanya akan tersedia pada varian penyimpanan internal tertinggi, yakni varian 64GB. Hal ini juga mengingat OS Windows 10 membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar ketimbang Android. Mi Pad 2 varian 64GB dibanderol seharga 203 USD atau sekitar 2,7 juta Rupiah.

mi-pad-2-usb-c

Hanya dengan mengeluarkan dana 2 jutaan, Anda akan mendapatkan tablet Windows 10 yang memiliki layar seluas 7,9 inci beresolusi¬†2048×1536 piksel serta memiliki RAM seluas 2GB. Selain itu ada pula kamera belakang 8MP dilengkapi dengan LED flash serta kamera depan 5 MP untuk keperluan selfie maupun video call. Namun baterai yang diusungnya lebih kecil jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yakni hanya 6.190mAh yang sebelumnya 6.700mAh. Selain itu terdapat pula port USB type-C serta dukungan jaringan WiFi.

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply