Bagi Anda pengguna ponsel Sony pasti sudah tidak asing dengan layanan TrackID. Layanan pengenal musik ini sudah hadir sejak era ponsel Sony Ericsson Walkman terdahulu. Bahkan hingga kini layanan tersebut hadir secara pra-instal untuk smartphone Android sebelum Xperia XZs dan Xperia Premium. Namun ada kabar yang tidak menyenangkan, dimana Sony akan segera mengakhiri layanan tersebut.

Ya, Sony akan mematikan layanan TrackID miliknya mulai tanggal 15 September 2017 mendatang, yang berarti setelah melewati tanggal tersebut kita tidak bisa lagi menggunakan TrackID untuk mengenali musik atau hal apapun.

maxresdefault

Tentu ini berita buruk yang cukup mengejutkan, dan Sony sendiri belum memberikan rincian mengapa mereka ingin melepaskan TrackID yang selama ini lekat sekali dengan ponsel Sony (meski sekarang semua smartphone bisa menginstal layanan tersebut). Spekulasi yang muncul saat ini adalah, Sony menghabiskan banyak sumber daya untuk layanan tersebut. Informasi ini muncul dari antarmuka aplikasi TrackID, yang menyatakan “semua bisnis bergerak ke depan, dan terkadang ini berarti aplikasi dihentikan.”

Jika Anda menggunakan TrackID, pastikan untuk menelusuri riwayat Anda dan simpan di tempat lain seperti di Spotify atau kertas biasa. Jika tidak, setelah layanan dimatikan, Anda tidak akan dapat mengaksesnya dengan cara apa pun, karena akan dihapus secara permanen.

Namun Sony tidak menggantungkan penggemar setia TrackID begitu saja, dimana mereka menyarankan layanan pengenal musik lain yang populer juga, yakni Shazam. Ya, aplikasi Shazam sendiri bekerja jauh lebih baik dalam mengenali lagi dan mengabaikan noise latar belakang, jadi jika Anda masih membutuhkan aplikasi pengenal musik dapat bermigrasi ke Shazam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here