Musim semi tahun ini tampaknya telah menjadi musim pembersihan bagi Google terhadap account dan konten pada beberapa layanannya. Sementara YouTube dan Blogger memaksa penggunanya untuk meng-upgrade account lamanya, baru-baru ini tersebar kabar kalau Google Video juga melakukan hal yang sama dan bahkan tampak lebih ekstrim lagi dengan menghapus semua video pada konten yang ada tanpa kemungkinan migrasi atau update account para penggunanya sekalipun.

Sejauh ini, Google sendiri telah mengirimkan email ke semua penggunanya yang telah meng-upload sesuatu ke layanan Google Video. Di dalamnya berisi pemberitahuan tentang penghapusan semua konten yang ada dan mulai efektif diberlakukan pada akhir bulan ini.

“Akhir bulan ini, host konten video di Google Video tidak akan tersedia untuk pemutaran lagi. Google Video telah menghentikan layanan upload pada bulan Mei 2009 yang lalu dan sekarang Kami akan hapus konten host yang masih tersisa”, ujar Google kepada para pengguna.

“Kami menghendaki Anda untuk memindahkan konten Anda ke YouTube jika Anda belum melakukannya. YouTube menawarkan banyak video hosting pilihan, termasuk kemampuan untuk berbagi video Anda secara pribadi atau cara yang tidak terdaftar sekalipun”, katanya.

Seperti yang diketahui bersama, selama ini YouTube telah menjadi situs video terbesar di dunia dengan margin yang signifikan  yang menawarkan beberapa tool yang paling canggih. Namun demikian, permasalahannya justru karena saat ini Google sendiri tidak menawarkan cara yang praktis dalam memindahkan konten dari Google Video ke YouTube sehingga para penggunanyapun harus melakukannya secara manual.

“Kami telah menambahkan tombol Download ke halaman status video, sehingga Anda dapat men-download konten video apapun yang Anda ingin simpan. Jika Anda tidak ingin men-download konten Anda, Anda tidak perlu melakukan apapun”, jelas Google.

Bila pengguna masih berkeinginan terus memiliki dan mengakses konten video secara online, alangkah baiknya kalau pengguna yang bersangkutan dapat  membuat account baru di YouTube dan memindahkan video dari Google Video ke account YouTube pengguna yang baru tersebut secara manual. Dan mengingat Google telah memblokir upload di Google Video sejak dua tahun yang lalu, maka diperkirakan tidak akan banyak pengguna yang masih aktif sekarang walau masih tersisa sekitar 2,8 juta video yang masih tersedia sekalipun.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here