Sebanyak 300 pekerja Foxconn yang berlokasi di China mengancam akan melakukan bunuh diri massal akibat adanya sengketa mengenai gaji. Foxconn sendiri adalah pabrik yang memproduksi piranti-piranti elektronik dari vendor besar seperti iPhone dan Microsoft Xbox 360.

Para pekerja Foxconn tersebut meminta kenaikan gaji pada 2 Januari lalu, namun mereka malah diberikan dua pilihan oleh pihak Foxconn, yakni tetap bekerja atau keluar dari perusahaan.

Marah dengan keputusan perusahaan, ratusan pekerja itu akhirnya mengancam akan melakukan bunuh diri massal yang akan dilakukan di Foxconn Technology Park, Wuhan, Cina.

Microsoft, sebagai rekan kerja Foxconn menyatakan bahwa, mereka akan memberikan keadilan dan keamanan untuk para karyawan. Selain itu, Microsoft juga menyatakan bahwa mereka kini tengah menginvestigasi isu yang mencuat tersebut secara serius.

Selain Apple dan Microsoft, Foxconn Technology Group juga diketahui memproduksi piranti untuk Dell, HP, dan lain-lain. Media Wired menyatakan bahwa terdapat 17 pekerja Foxconn yang melakukan bunuh diri dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Tekanan besar saat bekerja adalah salah satu alasan tindakan bunuh diri tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here