You are currently viewing Seperti Kertas, LG Kenalkan Layar 18 Inci yang Dapat Digulung

Perkembangan teknologi memungkinkan suatu hal yang dulunya dianggap mustahil menjadi kenyataan. Misal seperti layar televisi atau monitor yang dulunya berupa tabung, kini menjadi semakin tipis dengan adanya teknologi panel layar seperti penggunaan dioda. Nah tidak cukup sampai disitu saja, mungkin dulu sempat terbesit apakah mungkin layar atau monitor dapat ditekuk atau digulung?

Mungkin akhir-akhir ini sudah banyak berita atau rumor dari beberapa vendor seperti Samsung atau LG yang bakal memperkenalkan layar fleksibel buatan mereka, yang dapat digulung dan dilipat. Nah kali ini salah satu vendor sudah mengabulkan hal tersebut, yaitu LG. Dilansir dari The Verge, Senin (4/1/2016), dikabarkan bahwa LG akan memperkenalkan layar fleksibel tersebut pada acara tahunan, Consumer Electronic Show (CES) 2016, yang dimulai pada tanggal 5 Januari esok.

lg-foldable-screen

Kembali pada Juli 2015 silam, LG telah mengenalkan prototipe dari layar OLED yang fleksibel. Namun LG masih menutup rapat-rapat informasi dan bocoran lainnya, sehingga sampai detik pada tahap final ini, LG berhasil menjaga rahasia proyek mereka tersebut, dan kini siap untuk dikenalkan secara luas.

Layar yang digunakan LG ini mengusung jenis OLED yang luasnya 18 inci. Mungkin masih terbilang kecil, namun untuk sebuah layar yang dapat ditekuk, digulung, dan dilipat ini adalah kemajuan yang sangat besar, karena dari vendor lain masih belum ada yang memperkenalkan secara terang-terangan.

Bisa dipastikan perkembangan ke depan layar yang fleksibel ini akan semakin luas dan mungkin dapat diaplikasikan ke smartphone masa mendatang. Kita tunggu saja terobosan dari vendor-vendor ini.

(ND/The Verge)

Nandana Dwitiya

Seorang penulis yang selalu tertarik dan kagum dengan perkembangan teknologi (terutama perkembangan hardware komputer). Pengguna perangkat iPhone 5s yang masih setia di iOS 9.0.2 karena bisa di Jailbreak (hahaha). Penggemar game dengan genre RPG dan FPS, saat ini lebih tertarik bermain game pada perangkat komputer dan smartphone. Hobi bersepeda santai dan bermain airsoft gun dengan unit M4

Leave a Reply