Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 adalah OS terbaru dari Google yang diluncurkan secara resmi pada acara Google I/O Conference pada 28 Juni lalu. Tak hanya meluncurkan OS, pada ajang yang sama, Google juga secara resmi memperkenalkan tablet Android Jelly Bean 4.1 pertama di dunia, yakni Google Nexus 7.

Namun apa yang membuat OS ini berbeda dengan OS Android versi-versi sebelumnya? Paling tidak terdapat 10 fitur unik yang dipunyai oleh OS terbaru ini. Apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut ini adalah daftarnya.


1. Google Now

Google Now merupakan fitur yang paling diunggulkan pada saat peluncuran OS Android Jelly Bean 4.1. Dengan fitur ini, pemilik handphone Android bisa memperoleh informasi yang tepat dan cepat. Informasi yang diperoleh dengan fitur ini pun beragam, dari info cuaca, skor pertandingan olahraga, lokasi dan lain-lain.

2. Notifikasi

Fitur notifikasi yang terdapat pada OS Android Jelly Bean 4.1 ini tidak memiliki perubahan berarti. Namun, dalam fitur notifikasi Jelly Bean, Anda akan mendapati bahwa bar notifikasi bisa menampilkan pilihan quick reply yang bisa memudahkan Anda untuk secara langsung membalas email ataupun menelepon balik seseorang.

3. Google Assistant


Jika Apple memiliki Siri, maka Android Jelly Bean 4.1 mempunyai Google Assistant. Sama halnya dengan Siri, Google Assistant ini pun berjalan dengan perintah suara. Anda bisa mengirim SMS, email, telepon dan lain-lain dengan fitur yang satu ini.

4. Face Unlock dengan Liveness Check

Face unlock bukanlah fitur baru pada OS Android. Fitur ini sudah dimiliki oleh OS Android Ice Cream Sandwich 4.0. Namun, jika pada Android ICS fitur ini bisa dikelabui dengan foto, maka tidak halnya dengan Jelly Bean. Berkat fitur Liveness Check, Anda diharuskan untuk mengedipkan mata. Jika tidak, maka Anda tidak bisa meng-unlock handphone.

5. Screen Capture

Pengambilan gambar dari layar atau screen capture ini juga bukan fitur baru. Namun, fitur ini menjadi lebih mudah pada Android Jelly Bean. Anda hanya tinggal menekan tombol power dan volume bagian bawah secara bersamaan untuk mengambil sebuah gambar.

Selain itu, Anda pun bisa melakukan pengeditan gambar secara langsung. Edit gambar tersebut tentu saja beberapa fitur edit standar, seperti cropping, rotasi dan lain-lain. Andapun bisa sharing gambar hasil capture secara langsung ke jejaring sosial.

Untuk lima fitur berikutnya, Anda bisa melihatnya di sini.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here