Meskipun sebagai salah satu pasar terbesar di dunia, tetapi sejak tahun 2000 silam, pabrikan konsol terkemuka dunia seperti Sony, Microsoft, Nintendo dan lain sebagainya tampaknya masih belum berani memasarkan berbagai produk konsol unggulannya di sana mengingat khawatir akan terbentur larangan pemerintah setempat yang ditujukan untuk melindungi anak-anak.

Sekarang, tampaknya larangan tersebut telah resmi dicabut, setidaknya begitulah menurut pernyataan pemerintah Cina baru-baru ini. Dan pencabutan larangan ini kabarnya sebagai bagian daalam rangka menyongsong pemberlakukan zona perdagangan bebas Shanghai.

Jika perusahaan ingin menjual konsol di pasaran Cina maka terlebih dahulu diharuskan mengatur produksi dan operasional penjualan di zona perdagangan bebas Shanghai. Tak hanya itu saja, perangkat konsol yang ada tampaknya juga harus disetujui terlebih dahulu oleh Departemen Kebudayaan setempat untuk lebih memastikan apakah keberadaan produk konsol tersebut telah sesuai atau tidak dengan budaya dan kebiasaan di Cina sebelum resmi dilepas ke pasaran.

Namun begitu, tampaknya masih belum diketahui bagimana respon dari berbagai produsen konsol dunia terkait pencabutan larangan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here