Setelah Audio Jack, Apple Bakal Singkirkan Tombol Home Pada iPhone 8?

Setelah Audio Jack, Apple Bakal Singkirkan Tombol Home Pada iPhone 8?

BeritaTeknologi.com

Ketika meluncurkan iPhone 7 dan 7 Plus beberapa bulan yang lalu, Apple menghilangkan port audio jack 3.5mm. Ternyata tak hanya itu saja, kabarnya Apple juga bakal menghilangkan tombol home fisik pada iPhone generasi berikutnya. Meski bakal kehilangan tombol home fisik, namun daftar fitur baru Apple menunjukkan bahwa iPhone generasi berikutnya masih memiliki fitur baru.

apple-iphone

Analis KGI Security Ming-Chi Kuo, merilis sebuah laporan penelitian yang berisi rincian dari rencana oleh Apple untuk menghapus tombol home fisik pada iPhone 8. Analis yang kerap benar memprediksikan hal baru mengenai produk Apple berikutnya itu mengisyaratkan bahwa akan ada sensor jempol tertanam di layar sebagai gantinya.

Sebelumnya, beredar laporan yang mengatakan jika iPhone generasi berikutnya akan mengusung desain bezel-less dan memiliki layar edge-to-edge yang akan membuat kehadiran tombol home fisik dirasa tidak memungkinkan. Tentu ini merupakan rumor yang sejalan, dan analis tersebut memberikan rincian tentang bagaimana wujud dari tombol home baru.

Introduction

Selain itu, mengingat bahwa Apple juga beralih ke underglass touch ID pada iPhone 7, namun menurut Kuo teknologi pengenalan fingerprint under glass milik Apple saat ini tidak akan bekerja jika ponsel yang memiliki layar penuh tanpa tombol. Sebaliknya, sensor Touch ID perlu bergeser ke “bawah panel” setup, yang akan membutuhkan ID berteknologi optik. Dalam hal ini, sensor optik harus kompatibel dengan panel OLED fleksibel.

Bahkan bakal ada juga sensor pelacakan wajah untuk memverifikasi wajah si pemilik sebagai cara identifikasi. Fitur ini kabarnya sebagai pengganti fitur Touch ID yang seharusnya berada di tombol home fisik. Tapi analis tidak memberikan kemungkinan bahwa kedua teknologi dapat digunakan pada perangkat. Namun ini masih menjadi dugaan saja, dan iPhone generasi berikutnya juga masih lama untuk diperkenalkan.