Industri wearable memang didominasi smartwatch dan smart band, namun tak hanya kedua gadget pintar itu saja yang meramaikan industri wearable, karena baru-baru ini terlihat jenis baru yang akan meramaikan pasar wearable. Tahun ini Pebble mengumumkan wearable Pebble Core yang merupakan gadget kecil dan dapat Anda gunakan untuk streaming Spotify, menggunakan asisten suara Amazon Alexa, dan bahkan melacak lokasi Anda dengan built-in GPS tracker.

NFC-Ring-collection

Kini wearable berbentuk cincin juga telah muncul. Pada tahun 2013 lalu, sebuah perusahaan memulai kampanye di situs crowdfounding Kickstarter yang memiliki gagasan untuk menciptakan sebuah cincin yang dapat diaktifkan dengan teknologi NFC. Produk tersebut diajukan dengan nama “NFC Ring”, dan itu menawarkan banyak janji di masa depan ketika produk saip diluncurkan.

Awalnya kampanye produk ini sempat gagal mencapai goal, tetapi perusahaan tetap tenang dan melanjutkannya. Kini akhirnya mereka telah mengumumkan bahwa NFC Ring akan segera tersedia untuk pre-order secara umum. Lalu apa yang membedakan wearable ini dengan yang lain?

Screen shot 2016-08-25 at 11.54.37 AM

Pertama, NFC Ring dapat digunakan untuk membuka smartphone Anda. Hanya dengan menempatkan cincin dekat bagian belakang ponsel Anda (di mana chip NFC perangkat Anda berada), Anda dapat membuka kunci perangkat Anda ketika itu diamankan dengan PIN atau Password. Selain itu, jika kunci pada pintu Anda diaktifkan dengan teknologi NFC, Anda dapat menggunakan NFC Ring untuk membukanya.

Cincin pintar ini juga dapat digunakan untuk berbagi informasi dengan teman-teman dan anggota keluarga. Dalam hubungannya dengan aplikasi NFC Ring, Anda dapat berbagi informasi WiFi, rincian kontak, catatan teks, dan link situs dengan memegang cincin kemduian dekatkan chip NFC pada ponsel lain. Selain itu, ketika berbelanja online, ia juga dapat melakukan pembayaran menggunakan chip NFC.

Screen shot 2016-08-25 at 11.54.56 AM

Jika Anda tertarik untuk membeli satu unit NFC Ring, perusahaan ini menjualnya seharga £40 (Rp700 ribuan). Ada banyak ukuran cincin untuk menyesuaikan ukuran jari si pemakai, dan pengiriman pertama dari produk ini diharapkan dapat dilakukan pada bulan Desember 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here