Kehadiran android ternyata bukan hanya ancaman bagi BlackBerry (RIM) saja, namun juga merupakan ancaman serius bagi smartphone canggih besutan Apple, iPhone. Hal ini diketahui berdasarkan riset Worldpanel ComTech yang dilakukan selama 12 minggu.

Hasil Riset tersebut menyebutkan bahwa pangsa pasar iPhone di Amerika Serikat naik menjadi 36 persen dari 25 persen di tahun lalu. Begitu juga untuk pangsa pasar di Inggris yang masih naik dari 21 persen menjadi 31 persen di akhir tahun ini.

Namun, untuk negara di kawasan Eropa seperti Perancis, pangsa pasar iPhone malah anjlok dari 29 persen menjadi 20 persen. Hal yang sama juga dialami di Jerman yang mengalami penurunan pasar dari 27 persen menjadi 20 persen. Di Italia dan Spanyol juga terjadi hal yang sama.

Sedangkan penjualan perangkat Android di Negara Negara tersebut menunjukan perkembangan yang signifikan,  Di Jerman, Android menguasai 61 persen. Samsung Galaxy S II menjadi ponsel pintar terlaris di sana. Bahkan pangsa pasar Android tidak lebih rendah dari 46 persen di negara manapun di seluruh benua.

Disinyalir yang menjadi alasan utama menurunnya penjualan iPhoe di sebagian besar Negara Negara Eropa adalah karena melemahnya kondisi ekonomi disana, Nilai Produk Domestik Bruto zona Eropa hanya tumbuh 0,2 persen di kuartal III-2011.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here