You are currently viewing Setelah Tujuh Tahun Bertikai Terkait YouTube di Pengadilan, Google dan Viacom kini Resmi Berdamai

Setelah Tujuh Tahun Bertikai Terkait YouTube di Pengadilan, Google dan Viacom kini Resmi Berdamai

Google kini telah secara resmi berdamai dengan Viacom. Kedua perusahaan tersebut pun telah mengumumkan kepada publik kalau keduanya telah menyelesaikan permasalahan yang terjadi akibat dugaan pelanggaran hak paten oleh Google pada YouTube.

youtube viacom

Pertikaian hak paten antara kedua perusahaan ini pun sudah berlagsung cukup lama, yakni tujuh tahun. Pertikaian hak paten ini dimulai pada tanggal 13 Maret 2007, di mana pada saat itu Viacom menuntut Google dan YouTUbe dengan ganti rugi senilai 1 miliar USD.

Tuntutan tersebut diajukan Viacom karena YouTube mengizinkan usernya untuk mengupload dan menyaksikan konten video miliknya. Total terdapat 150 ribu konten video menjadi milik Viacom bisa disaksikan dengan bebas di YouTube, di antaranya adalah “The Daily Show” ataupun “SpongeBob SquarePants”.

Penyelesaian hak paten ini pun menunjukkan hasil dialog yang dilakukan oleh kedua perusahaan. Mereka pun mengatakan akan terus berusaha untuk bekerja sama di masa mendatang. Namun kedua perusahaan tidak menjelaskan secara detail mengenai bagaimana proses perdamaian tersebut dicapai. Sebuah sumber pun mengatakan kalau perdamaian yang dicapai oleh kedua perusahaan tersebut tidak melibatkan elemen finansial apapun.

via Softpedia

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.