Pemerintah Turki kini nampaknya melakukan kebijakan yang represif. Setelah mereka secara resmi melakukan pemblokiran terhada jejaring sosial Twitter, kini langkah serupa dilakukan pemerintah Turki terhadap YouTube. Pihak Turki mengatakan kalau pemblokiran tersebut dilakukan karena karena adanya aksi militer Suriah yang dipublikasikan di situs streaming video itu.

youtube

Pihak Google pun belum memberikan pernyataan resminya terkait pemblokiran YouTube di Turki itu. Namun beberapa pengguna YouTube di Turki pun mengkonfirmasi kebenaran pemblokiran tersebut melalui jejaring sosial Twitter.

Menurut laporan yang ditulis Reuters, seorang pengguna YouTube memposting sebuah video yang memperlihatkan adanya percakapan antara pimpinan lembaga intelejen Turki, menteri luar negeri serta pimpinan militer. Pembicaraan tersebut pun dilakukan terkait kemungkinan adanya intervensi militer ke Suriah.

Ketiga sosok yang muncul di video tersebut pun enggan memberikan komentarnya. Namun karena pemblokiran dilakukan setelah keberadaan video itu, publik pun berspekulasi kalau penutupan akses YouTube di Turki pasti berkaitan dengan video percakapan itu.

via Reuters