You are currently viewing Setiap Harinya, Google Menghapus 1 Juta Link karena Melanggar DMCA

Setiap Harinya, Google Menghapus 1 Juta Link karena Melanggar DMCA

Para pemilik blog dan situs tentu harus menjaga orisinalitas konten miliknya. Salah-salah, link-link artikel di situs-situs tersebut harus terpaksa dihapus oleh pihak Google sebagai search engine terbesar dunia. Sebagai imbasnya, link tersebut tak lagi masuk dalam indeks pencarian Google.

Dan kalau ingin tahu seberapa banyak link yang terhapus dari indeks Google setiap harinya, kini bisa memperoleh jawabannya. Dalam laporan transparansi Google, dalam satu minggu mereka telah menghapus link sebanyak 7,8 juta. Jadi, dalam seharinya, mereka bisa menghapuskan sebanyak lebih dari 1 juta link.

logo google

Sebagai catatan, dalam beberapa minggu terakhir juga muncul permintaan akan penghapusan link. Hal ini pun cukup rasional, karena saat ini semakin banyak situs-situs yang bermunculan dan tentunya hal ini juga semakin meningkatkan risiko terjadinya pelanggaran hak cipta di dunia internet atau melanggar DMCA yang merupakan kependekan dari Digital Millennium Copyright Act.

Permintaan akan penghapusan link dari indeks pencarian Google saat ini memang terus mengalami tren peningkatan. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan kondisi di tahun 2008, di mana mereka hanya menerima satu permintaan penghapusan link setiap enam hari sekali.

via Neowin

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply