Gesekan antara Amerika Serikat dan Rusia hingga saat ini masih berlangsung, bahkan laporan akhir-akhir ini mengatakan jika Amerika Serikat menunjuk jari langsung kepada Rusia, dengan menuduhnya melancarkan serangan cyber untuk mengganggu jalannya pemilihan presiden yang akan digelar beberapa bulan lagi. Tentu AS tidak akan diam dan akan membalas serangan Rusia itu.

as-attack-rusia

Kini muncul laporan baru jika AS tengah merencanakan serangan untuk membalas dengan cara yang sama, yakni serangan cyber. Central Intelligence Agency (CIA) dikabarkan sedang mempersiapkan untuk meluncurkan serangan cyber terhadap Rusia dengan tujuan mempermalukan pemimpinnya, dalam hal ini Vladimir Putin. Tindakan tersebut jelas tidak pernah benar-benar diungkapkan ke media sehingga ini masih berupa rumor yang belum jelas kebenarannya.

Menurut berbagai laporan saat ini, CIA kabarnya telah mengantongi sejumlah dokumen rahasia yang isinya dapat mengungkapkan berbagai macam taktik buruk milik presiden Rusia Vladimir Putin, dan tujuan utama serangan ini untuk mempermalukannya.

Sebelumnya juga muncul laporan jika Direktur National Intelligence AS James R yang menyatakan jika pemerintah Rusia tengah mencoba untuk mengganggu jalannya agenda pemilihan presiden AS 2016 periode selanjutnya. Hal ini bisa disimpulkan, karena peretasan dan pembocoran dokumen milik DNC itu sejalan dengan motivasi dan metode yang dimiliki oleh pihak Rusia.

Beberapa petugas CIA mengklaim bahwa Gedung Putih telah bekerjasama dengan CIA pada beberapa kesempatan sebelumnya untuk mempertimbangkan pilihan yang sama tetapi pemerintah akan selalu memberikan ide. Tentu kewenangan serangan semacam ini berada di bawah perintah presiden dan meskipun presiden memberikan lampu hijau atas serangan ini, hal tersebut tidak akan memasuki ranah publik.

Terlepas dari benar atau tidaknya AS akan melancarakan serangan semaca ini, namun yang perlu diingat bawha, pemerintah AS sudah beberapa kali meminta CIA untuk menyiapkan operasi rahasia untuk menyerang Rusia, termasuk serangan cyber. Namun pada akhirnya, operasi tersebut saat ini belum dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here